Beranda Kesehatan 5 Gejala Penyakit Maag Akut

5 Gejala Penyakit Maag Akut

BERBAGI

 Mudation.com – Sakit maag seringkali dianggap sebagai penyakit yang umum terjadi pada setiap orang. Meskipun tidak menimbulkan gejala buruk, namun jika dibiarkan berlarut-larut akan memicu maag kronis. Waspadai jika sudah terserang penyakit maag kronis dan harus segera mendapatkan perawatan yang tepat. Gaya hidup yang kurang sehat juga mampu menyebabkan maag kronis, walaupun tidak pernah menderita gangguan maag.

5 Gejala Penyakit Maag Akut
Gejala Penyakit Maag Akut

Penyakit maag akut akan menimpa lambung sehingga memberikan efek kurang baik terhadap kinerja organ pencernaan tersebut. Sudah pasti penderita maag selalu merasakan sakit di bagian perut, bahkan hingga terasa mulas dan perih yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh peradangan di daerah lambung dan terjadinya luka. Ada baiknya anda lebih berhati-hati jika memiliki gejala penyakit maag akut, beberapa di antaranya adalah.

 

5 Gejala Penyakit Maag Akut

 

1.Sakit Perut dan Dada

Inilah gejala yang paling sering terjadi bagi penderita maag akut. Dimana mereka akan merasakan sakit atau perih di area perut dan bagian dada. Memang ciri-ciri sakit di sisi dada lebih banyak berkaitan dengan penyakit jantung, namun untuk memastikan gejala maag anda perlu berkonsultasi bersama pihak medis. Terkadang rasa sakit di perut akan sangat tidak nyaman akibat dari pembengkakan yang muncul di daerah selaput perut.

 

  1. Perut Sering Merasa Lapar

Saat anda memperlakukan pola makan dengan sangat buruk, kemungkinan besar perut anda sendiri mudah merasakan lapar. Ciri atau gejala tersebut adalah penyakit maag. Biasanya juga dibarengi dengan rasa sakit seperti melilit, bahkan lebih parahnya lagi perut sama sekali tidak mau menerima makanan. Padahal di satu sisi perut memberikan kode dengan rasa lapar. Namun sama saja tubuh akan menjadi lemah akibat kekurangan nutrisi.

 

  1. Perut Kembung

Umumnya penderita maag akut akan sering mengalami perut kembung. Hal ini bisa disebabkan dari lambung yang di dalamnya telah dijumpai banyak gas. Sehingga gangguan  alin akan muncul, seperti buang gas dan perut tearsa perih. Jika semakin parah memungkinkan perut kembung dapat menjadi maag kronis yang kurang nyaman. Adapun penyebabnya adalah peradangan yang terjadi pada lambung itu sendiri.

 

  1. Bersendawa

Sendawa memang kerapkali muncul pada penderita maag. Dengan bersendawa maka telah terjadi akumulasi perasaan dari penumpukan angin yang berlebih di dalam perut. Tentunya saat bersendawa perut akan menjadi sangat nyaman, tetapi lebih sering memancing untuk sendawa. Akibat gas yang timbul secara berlebihan maka sendawa dapat memicu mual hingga muntah-muntah.

 

  1. Mual dan Muntah

Keadaan perut yang lebih cepat kenyang saat baru sedikit makan, padahal hal itu hanya kondisi efek dari sakit maag. Mungkin penyebab adanya mual dan muntah akibat asam yang terlalu berlebihan di dalam lambung dan telah menaiki perut bagian atas. Dengan kata lain, penderita tidak dapat makan secara baik dan sebaiknya dilakukan perawatan yang intensif.

Itu dia 5 Gejala Penyakit Maag Akut. Semoga di antara kita tidak ada yang menderita sakit maag, karena selalu menjaga pola makan sehat dan bergizi.

Tinggalkan Balasan