Beranda Gaul Apa Arti GWS dan LOL Kata Gaul Anak Muda Sekarang

Apa Arti GWS dan LOL Kata Gaul Anak Muda Sekarang

BERBAGI
Arti GWS
Arti GWS

mudation.com – Bagi kalian pengguna Chatting atau media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya pasti tidak asing dengan kata singkat GWS atau LOL. Tapi tahukan kalian arti GWS dan LOL?

Arti GWS
Arti GWS

Penggunaan kata singkat tersebut tidak lain adalah sebagai mempermudah secara praktis penggunaan kata-kata yang dirasa cukup panjang untuk ditulis. Pada awalnya kata-kata semacam GWS atau LOL diprakasai oleh remaja-remaja Amerika yang berbahasa Inggris dalam aktivitas pengiriman pesan singkat ke kawan kerabat terdekat. Tidak ingin sulit mengetik kata-kata yang tergolong membutuhkan waktu yang lumayan lama mereka kemudian menjadikannya simple dengan memperpendek setiap kata yang bersuku lebih dari dua. Arti GWS sendiri merupakan kependekan dari Get Well Soon yang dilontarkan biasanya kepada seseorang yang sedang mengalami situasi buruk seperti sakit, kehilangan kerabat, ataupun terkena bencana. Arti GWS sering diberikan oleh orang-orang terdekat sebagai bentuk simpati kepada temannya.

Jika dipraktekan dalam aktivitas Chatting mungkin seperti berikut:

A: “Malam, B. Dengar kabar dari guru kamu sakit dan dirawat di rumah sakit sejak lusa kemarin, benar begitu kah?”
B: “Betul, A. Aku sudah menyurati wali kelas kita dan kurasa kepala sekolah juga sudah mendengarnya. Ibuku kemarin datang dengan surat dokter agar guru tidak menganggapku bolos, A.”
A: “Jadi benar kabar itu, toh. Kasian sekali jika kamu harus menepi di rumah sakit. Memangnya penyakit seperti apa yang kamu derita?”
B: “Ibuku bilang bahwa lambungku sobek. Itu sangat mengiris pikiranku. Mengapa aku harus mendengar kenyataannya coba? Tapi, ya sudahlah. Dokter bilang aku tidak akan lama di sini.”
A: “Aku turut sedih atas itu, B. Aku dan teman-teman mungkin akan menjenguk di hari minggu besok. GWS ya, B.

B: “Aku hargai untuk itu, A. Tolong sampaikan salamku pada yang lain, A. Aku berharap kalian datang, tapi tidak perlu repot-repot. Thank’s ya, A.

Contoh lain:

C: “Sob, kami ikut berduka atas kehilangan salah satu orang tuamu, ya.”
D: “Terima kasih ya, sob. Tapi untuk saat ini aku butuh untuk sendiri.”
C: “Kami paham. Kami hanya bisa menyemangatimu untuk tidak terlampau dalam kesedihan. GWS untukmu, sob. Kami yakin kamu bisa keluar dari situasi ini.”
D: “Terima kasih sekali lagi untuk itu, sob. Aku mengharapkan doa kalian. Aku hanya perlu untuk merenung.”

Sementara itu yang tidak kalah populer lagi adalah penggunaan istilah LOL dalam dunia Chatting. Istilah LOL sering dilontarkan oleh seseorang yang menurutnya diperlakukan menggelitik oleh orang lain yang kemudian dikirimkannya ekspresi LOL tersebut. Sama dengan arti GWS, LOL-pun merupakan istilah kata berbahasa Inggris yang bersuku kata tiga yang kemudian dipermudah menyebutannya dengan hanya tiga huruf saja untuk mempersingkat. LOL adalah kependekan dari Laugh Out Loud yang bila dibahasa Indonesiakan berarti tertawa tergelak-gelak atau terkekeh-kekeh. Istilah LOL sering dibunyikan pada sesuatu yang tergolong membuat tertawa dan LOL adalah interpretasi dari ekspresi tertawa itu dalam bentu kata. Dalam prakteknya seperti berikut:

A: “B, aku kemarin lihat kamu di parkiran Mall kebingungan. Ada apa?”
B: “Kau melihatku? Aku linglung kemarin itu, A. Aku masuk mobil orang lain yang sama persis dengan mobil ibuku. Ketika aku masuk, di dalam ada seorang wanita tua dan aku bingung. Baru ketika aku lihat suasana mobil yang berbeda dan ibuku juga tidak ada di dalam, aku sadar aku di mobil yang salah. Di sudut yang lain ibuku memanggilku di kala aku berdiri kebingungan dan ingin menelponnya. Di perjalanan ia menertawai habis-habisan.”
A: “LOL… LOL… LOL.. Hahaha. Itu sangat menggelitik , B. Apa kau tidak menertawai dirimu sendiri? LOL.”
B: “Lupakan, lah. Aku seperti seorang anak sembilan tahun yang tersesat.”

Contoh lain:

C: “Sob, aku mau kasih kamu pertanyaan. Kopi, kopi apa yang tidak pernah habis?”
D: “Kopi yang diseduh di wadah galon!
C: “Salah, sob. Kopi yang tidak pernah habis itu kopi paste! Hahaha.”
D: “LOL. Hahaha.“

Baik kata GWS ataupun LOL hampir semua penggunanya merupakan seorang remaja labil dengan pergaulan yang luas, jadi tidak ada di antara mereka yang beraksen bicara formal. Tidak hanya berlaku di Negeri dengan yang bahasa Negaranya bahasa Inggris tetapi penggunaan istilah-istilah singkat tersebut telah meluas ke banyak Negara termasuk Indonesia. Dikarenakan terhubungnya internet maka kata-kata tersebut dapat dengan mudah menyebar. Juga karena bahasa Inggris yang merupakan bahasa formal pergaula internasional dan bahasa komputer maka penggunaan kata-kata familiar yang demikian menjadi bahasa yang bahkan sudah menjadi bahasa keseharian dalam beraktvitas Chatting dengan kewan jauh. Kendati begitu, penggunaan kata singkat arti GWS yang seperti itu tidak direkomendasikan karena akan merusak arti kata dasar itu sendiri. Terlebih, itu adalah istilah kata asing yang tidak tumbuh di Negara seperti Indonesia.

Tinggalkan Balasan