Beranda Teknologi Brainstat, Alat Uji Kesadaran Untuk Pengemudi Buatan Indonesia

Brainstat, Alat Uji Kesadaran Untuk Pengemudi Buatan Indonesia

BERBAGI

Mudation.com – Wah Indonesia sekarang ini memang semakin maju saja, tak hanya tempat-tempat wisata di Indonesia yang sudah mulai banyak diminati oleh banyak negara lain namun juga kualitas orang-orangnya, tak hanya kualitas tentang kesopanan dan keramahan yang dimiliki oleh orang Indonesia yang memang sudah terkenal tentang ramahnya, namun juga perkembangan pemikiran yang dimiliki oleh orang-orang Indonesia. Salah satunya adalah penemuan alat Brainstat, yup alat ini ditemukan oleh orang Indonesia.

brainstat

Salah satu hasil pemikiran orang Indonesia ialah brainstat yang merupakan alat uji kesadaran yang telah digunakan untuk pengemudi kendaraan.

Banyak Data yang menyebutkan bahwa faktor penyebab kecelakaan di jalan raya tertinggi adalah :
•    Human error menyusul
•    Yang kedua ialah kondisi jalan raya
•    Teknik kendaraan

Nah Yuman error ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kecapean, kecakapan pengemudi yang kurang, tak mematuhi peraturan lalu lintas dengan baik, kondisi pengemudi yang kurang fit, mental ataupun fisiknya dan faktor faktor yang lain.

Seperti yang sudah banyak diketahui, banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang telah merenggut banyak nyawa hanya gara-gara pengemudi mengantuk, mabuk, kelelahan, fikiran, melamun dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui kesiapan pengemudi dalam menjalankan kendaraan yang berhubungan dengan kondisi fisiknya, kini telah ditemukan Sebuah alat yang bernama brainstat ini, alat ini akan menguji semua kesadaran seseorang yang akan atau ingin mengendarai kendaraan bermotor maupun mobil, apakah kondisinya tersebut benar-benar siap, kurang siap ataupun tidak siap.

ist_brainstat-1

Banyak pengemudi yang merasa siap menjalankan kendaraan mereka padahal sebenarnya mereka sedang berada dalam kesadaran yang rendah, dengan menggunakan brainstat ini maka akan segera diketahui kondisi mereka yang sebenarnya, kemudian bisa mengambil keputusan untuk menunda perjalanan atau segera berhenti untuk beristirahat ketika diketahui bahwa kondisinya tidak baik untuk mengemudi.

Kehebatan serta manfaat alat ini telah membuat brainstat dan tim Telkom University mendapatkan kebanggaan, yaitu meraih juara pertama untuk kategori e-health dalam ajang Indonesia Information dan Communication Technology Award pada tahun 2013 di kota Jakarta, tanggal 1 bulan September lalu.

Aplikasi yang satu ini diberi nama Brainstats, aplikasi ini berkerja dengan pemantau semua kondisi otak dari para pengemudi, yang juga kemudian hasilnya akan mampu ditampilkan pada monitor atau layar (bisa aja menggunakan PC atau komputer, tablet, maupun juga menggunakan smartphone) dengan sangat jelas, apakah para pengemudi tersebut berada dalam kesadaran yang sangat baik, dalam kondisi mengantuk, bahkan juga dapam kondisi kondisi stress. Cara kerja alat yang satu ini adalah dengan cara memantau semua kondisi gelombang otak atau brainwave.

Brainwave atau sering juga di sebut dengan gelombang otak ini akan segera dibaca oleh Brainstat yang berupa sebuah helm dengan di lengkapi alat perekam, dan juga kemudian diterjemahkan menjadi sebuah informasi yang lengkap bagaimana dengan keadaan pengemudi tersebut di layar monitor paupun computer, tablet ataupun juga bahkan ke ponsel keluarganya.

Tingat keakurasi brainstat yang satu ini adalah 90 persen, jadi apa saja yang diperlihatkan oleh brainstat ini adalah kondisi emosional dan juga kondisi kesadaran pengemudi. Perangkat yang satu ini telah mulai diujicobakan sepanjang tahun 2011 dengan catatan waktu yang telah digunakan mencapai 1.000 jam.

Mungkin cukup sampai di sini saja yang dapat saya sampaikan untuk anda semua, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Tinggalkan Balasan