Beranda Teknologi Cara Ampuh Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus

BERBAGI
Cara Ampuh Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus
Ilustrasi

Mudation.com – Sebenarnya android sendiri merupakan basis sistem operasi yang tidak rentan akan virus. Akan tetapi yang menyebabkan smartphone anda bisa terjangkiti oleh virus adalah karena salah dalam menginstall aplikasi ataupun anda sembarangan memilih sumber yang aman dalam mengunduh sebuah aplikasi. Maka hal inilah yang menyebabkan smartphone anda terjangkiti virus yang bisa merusak perangkat seluler anda.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus
Cara Ampuh Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus

Untuk mengatasi virus yang menjangkiti smartphone anda, biasanya para pengguna android memilih jalan untuk menginstall antivirus. Memang dirasa cukupefektif, akan tetapi, biasanya antivirus ini sendiri memerlukan kapasitas ruang memori yang cukup banyak. Serta bisa jadi ada virus yang menyusup ke dalam aplikasi antivirus. Jika anda ingin mengatasi virusdi smartphone anda, tanpa menggunakan aplikasi nativirus, berikut ini adalah beberapa cara yang ampuh untuk menghilangkan virus di smartphone android anda tanpa antivirus.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus

1. Masuk ke Safe Mode
Android anda akan beroperasi jauh lebih ringan, jika anda masuk ke safe mode ini. Dengan masuk ke safe mode, anda bisa mengecek berbagai macam file serta membersihkan file-file yang tidak terpakai. Memang di dalam safe mode, aplikasi yang anda install akan hilang sementara, sehingga memungkinkan anda bisa berpindah dengan leluasa tanpa terkendala antara sistem aplikasi. Cara masuk ke safe mode adalah dengan menekan secara bersamaan tombol power serta volume pada saat anda sedang booting.

2. Mengecek aplikasi di safe mode
Dengan cara mesuk ke menu settings lalu anda memilih pilihan Apps, serta masuk ke menu downladed. Nah, jika android anda terinveksi virus, maka didalamnya akan muncul aplikasi asing yang sebelumnya tidak pernah anda install. Maka aplikasi inilah yang perlu untuk anda hapus.

3. Menghapus aplikasi yang mencurigakan
Setelah mengecek aplikasi yang mencurigakan,lalu pilih menu uninstall pada aplikasi tersebut. Akan tetapi anda biasanya akan menemui aplikasi yang tidak bisa anda hapus, dikarenakan aplikasi ini sudah memberikan akses administrator. Maka jalan satu-satunya adalah menghapus akses administrator aplikasi asing.

4. Menghapus akses administrator
Cara menghapus akses administrator ini adalah dengan masuk ke menu settings lalu pilih option security. Setelah itu, anda masuk ke pilihan device administrator.setelah itu anda bisa menghilangkan akses administrator pada aplikasi yang mencurigakan.setelah itu, jika anda ingin menghapus aplikasi yang dimaksud mencurigakan tadi, pasti akan mudah untuk menghapusnya. Setelah itu, anda bisa keluar dari menu safe mode dengan cara merestart smartphone anda.

5. Kembali ke pengaturan pabrik
Jika rasanya sudah mentok untuk menghapus aplikasi Android yang dirasa terindikasi membawa virus bermasalah,maka anda bisa melakukan pengaturan kembali ke reset data pabrik. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan, lalu masuk ke pilihan privacy. Setelah itu, pilih lah ke pilihan reset data pabrik. Akan tetapi, jangan memilih ke pengaturan format penyimpanan USB. Agar data anda tidak hilang semuanya.

Itulah beberapa langkah ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengatasi virus secara ampuh, tanpa bantuan antivirus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan