Beranda Lifestyle Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

BERBAGI
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami
Ilustrasi

Mudation.com – Jerawat bisa datang kapan saja, terlebih jika anda malas membersihkan kulit wajah. Kebanyakan orang setelah mengelap wajah saat keadaan basah kurang memperhatikan jenis handuk yang digunakan. Padahal jika menggunakan handuk yang kasar tidak baik untuk permukaan kulit wajah. Sementara pemakaian handuk yang tidak bersih bisa menjadi sarang kuman, sehingga akan menempel di muka dan terjadilah jerawat.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

Apakah kulit cantik anda sedang mengalami masalah jerawat? Perhatikanlah asupan makanan tertentu yang bisa jadi pemicu keadaan jerawat semakin buruk. Ada hal lain yang terkadang bisa menimbulkan jerawat tanpa harus disadari secara langsung, yakni melakukan kontak antara tangan dan muka dalam kondisi kotor. Intinya timbulnya jerawat memang sangat dekat dengan kita. Setidaknya, anda harus mencegah timbulnya jerawat dengan melakukan beberapa langkah alami berikut.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

1.Menerapkan Pelembab Wajah
Gunakanlah pelembab yang tepat sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki. Jangan asam muasal memilih pelembab, karena jika tidak cocok akan menimbulkan iritasi. Menggunakan pelembab bertujuan agar kulit senantiasa terlindungi oleh paparan sinar UV. Sebaiknya pilih jenis pelembab yang baik untuk semua jenis kulit dan anti UV.

2. Memakai Obat Kulit Berjerawat
Jika terjadi jerawat segeralah atasi dengan obat jerawat yang biasanya dijual di apotek atau pun dokter. Akan tetapi, lebih baik anda menggunakan cara alami cukup mengoleskan madu murni ke wajag berjerawat atau bisa memakai masker putih telur yang diolah terlebih dahulu dengan dikocok berbuih, lantas diterapkan ke seluruh wajah anda.

3. Membatasi Penggunaan Make up
Make up tidaklah baik untuk kulit wajah, apalagi digunakan secara berlebihan dan terus menerus. Untuk memilih make up harus lebih selektif. Pasalnya banyak kandungan bahan kimia yang berbahaya, seperti merkuri. Dengan demikian, mampu menimbulkan kulit wajah menjadi rusak. Sebaiknya membeli make up jangan yang murahan, melainkan yang mahal sekali pun dengan kualitas bermerek terbaik, sehingga dapat dipercaya.

4. Memperbanyak Konsumi Air Putih
Memperbanyak mengonsumsi air putih akan membantu mendorong kotoran keluar yang tersumbat di pori-pori kulit wajah. Selain itu, akan menetralisir racun dan zat-zat kimia yang berada di dalam tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, supaya tidak terdehidrasi pada kulit wajah dan kelembutan kulit tetap terjaga.

5. Mengonsumsi Buah-buahan
Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dimana kandungan yang di dalamnya kaya akan vitamin. Di samping buah mampu mencegah timbulnya jerawat serta tubuh anda akan tetap terjaga akan kesehatannya. Adapun beberapa buah yang bisa anda konsumsi yakni, buah apel yang mengandung vitamin A,C dan E, lantas ada buah semangka yan terkandung vitamin A, B, dan C, serta buah pisang yang terdapat vitamin A dan potassium.

6. Menggunakan Masker Alami
Anda bisa melakukan perawatan dengan memakai masker alami. Sebagai contoh yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Nah, cara membuatnya langsung saja dihaluskan buah alpukat tersebut atau diblender. Supaya dapat efektif tambahkan minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan putih telur ke dalam campuran tersebut. Setidaknnya harus dilakukan secara rajin dan disiplin supaya dapat meminimalisir resiko jerawat.

Selain cara di atas anda juga harus menerapkan olahraga teratur, di samping menjaga kesehatan tubuh juga dapat menghilangkan stres yang dapat memicu timbulnya jerawat. Semoga langkah alami mencegah munculnya kulit berjerawat di atas dapat dikemas menjadi panduan anda dalam keseharian.

Tinggalkan Balasan