Beranda Teknologi Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

BERBAGI
Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi
Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Mudation.com – Sebagian dari anda mungkin akan merasa kesal bahkan marah, karena Android anda sering mati akibat baterai melemah. Ditambah ketika anda harus berhadapan dengan masalah pekerjaan yang dituntut untuk menggunakan Android sewaktu-waktu. Terlebih lagi, ketika ada telpon dengan hal yang sangat penting dan mendadak, tiba-tiba saja ponsel pintar anda nge-hang, karena beberapa aplikasi berdaya baterai lebih besar memakannya.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi
Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Semua hal di atas tersebut dikarenakan baterai mulai lemot, biasanya dipengaruhi oleh memori internal dan eksternal penuh, penggunaan aplikasi yang berlebih dan pemakaian internet secara terus menerus dan masih banyak lagi. Untuk itu, artikel ini akan berbagi bagaimana cara mengatasi hal sepele menjadi sesuatu yang lebih baik yaitu Android yang tadinya lemot akan menjadi lebih canggih tanpa bantuan aplikasi. Berikut tips yang dapat anda lakukan dengan mudah di rumah.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

1. Mematikan Live Wallpaper
Sebaiknya anda ganti dengan wallpaper bawan Android. Caranya mudah yakni carilah menu setting kemudian lihatlah display barulah gantik gambar yang berupa bawaan dari Android anda. Hal ini dilakukan agar lebih efesian dalam penggunaa baterai, karena live wallpaper membuat baterai cepet habis dan faktor dari Android lemot.

2. Mematikan Animasi
Animasi yang berlebihan akan menjadi lemot pada HP Android anda. Sebaiknya lakukan cara berikut ini, pergi ke menu setting – Developer options lalu seting off pada pilihan animasi yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale. Agar Android anda bekerja lebih cepat lagi, matikan saja animasi perpindahan menu.

3. Menyeleksi Aplikasi Kurang Penting
Inilah salah satu daya tipu aplikasi yang ternyata dapat memperlambat kinerja Android. Semakin banyak aplikasi terutama game yang anda instal dapat menjadi bebab memori, sehingga berdampak pada ponsel yang semakin berat bekerja. Seharusnya lakukan penyeleksian pada aplikasi yang tidak dibutuhkan dan pasang aplikasi yang menunjang untuk keperluan. Anda dapat melakukan dengan cara masuk ke menu Play Store – My Apps atau melalui setting – App – All, lalu lakukan penghapusan.

5. Melakukan Manajemen Synchro
Lakukan pengaturan pada bagian sikronisasi, agar ponsel Android tidak terlalu memakan koneksi internet secara berlebihan dengan meminta ditampilkan. Selain itu, supaya Android tidak melakukan pengunduhan dengan otomatis. Hal tersebut akan membuat memori pada RAM penuh, sehingga akan menjadi tambah lemot.

6. Jangan Memasang Widget Yang Berlebih
Widget adalah sortcut dan ikon yang menampilkan informasi realtime pada homescreen. Kinerja pada Android akan melambat jika widget yang berada di homescreen banyak. Setidaknya harus mengurangi penggunaan widget. Selain itu, dapat membuat baterai dan bandwidth cepat habis.

Selain cara di atas anda dapat membersihkan data atau cache untuk dikosongkan. Misalnya dengan membersihkan riwayat cache dan cooke browser di menu pengaturan browser anda. Secepatnya lakukan cara yang telah dijelaskan di atas agar Android anda dapat berjalan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan