Beranda Gaul 11 Cara Mengatasi Pergaulan Bebas Anak Muda Jaman Sekarang

11 Cara Mengatasi Pergaulan Bebas Anak Muda Jaman Sekarang

BERBAGI
Pergaulan Bebas Anak Muda Jaman Sekarang
Ilustrasi

Mudation.com – Pergaulan Bebas merupakan gabungan dua kata yaitu pergaulan dan bebas. Pergaulan sebuah proses interaksi yang dilakukan antara individu dengan individu ataupun antara individu dengan kelompok tertentu. Sementara bebas dapat diartikan dimana sebuah keadaa yang terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama dan norma kesusilaan. Artinya pergaulan bebas dapat diartikan sebuah interaksi yang dilakukan manusia tanpa mengedepankan aturan, kewajiban tuntutan dan norma yang berlaku. Karena pergaulan bebas merupakan sesuatu yang negatif, maka penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi pergaulan bebas khususnya untuk anak muda jaman sekarang.

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas
Sumber Gambar: brilio.net

Oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas artikel tentang cara mengatasi pergaulan bebas yang wajib diketahui anak muda jaman sekarang. Terlebih kepada anak-anak SMA yang masih rentan dengan pergaulan bebas. Berikut 11 cara mengatasi pergaulan bebas yang harus diketahui anak muda jaman sekarang:

Hindari lingkungan yang buruk
Pada usia remaja, pengaruh lingkungan masyarakat kadang-kadang lebih besar pengaruhnya dari pada lingkungan keluarga, sebab masa remaja adalah masa yang sedang mengembangkan kepribadiannya, yang membutuhkan lingkungan teman-teman dan masyarakat. Perhatian mereka terhadap lingkungan masyarakat benar-benar diperhatikannya, maka persoalan masyarakat atau nasib orang banyak sering kali menjadi perhatian mereka dan mereka berjuang untuk membela yang lemah dan menderita itu.

Pengaruh lain dari lingkungan masyarakat adalah pengaruh yang bersifat : pornografis, sadisme, film-film yang merusak moral, gambar-gambar, bacaan-bacaan, tempat rekreasi dan lain sebagainya yang pada pokoknya berbagai kegiatan yang disenangi oleh muda-mudi zaman sekarang. Ini semua harus dibatasi kalau perlu harus disesuaikan dengan ketentuan yang ada di dalam ajaran agama, sebab kalau tidak pengaruhnya akan lebih berbahaya dibanding pengaruh lain.

Batasi waktu keluar rumah
Bermain dengan teman-teman selama tidak mengarah pada hal-hal yang negatif tentu sah-sah saja karena memang masih masanya kita untuk bergaul. Karena pergaulan juga sangat penting bagi kita untuk memperluas wawasan dan pengetahuan.

Artinya bermain keluar rumah memang subuah kebutuhan anak muda dalam bergaul, akan tetapi apabila hal ini dilakukan tanpa batasa tentu akan berdampak buruk. Oleh karena itu untuk mengatasi pergaulan bebas kita harus membatasi keluar rumah hanya untuk hal-hal yang dianggap dan dalam batas kewajaran saja.

Bergaul dengan cara yang positif
Untuk menghindari pergaulan bebas tentu kita harus bergaul dengan cara yang postif. Bergaul tidak harus dengan nongkrong dipinggir jalan, menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan, mengunjungi tempat hiburan seperti karoke, dll. Ada banyak cara bergaulan yang lebih bermanfaat dan tidak menimbulkan hal-hal negatif.

Coba kita berpikir bagaimana cara kita bergaul yang sekaligus bisa belajar menambah wawasan dan pengetahuan misalnya dengan ikut atif di organisasi. Dibangku sekolah ada banyak organisasi siswa yang bisa menunjang pengetahuan, misalnya OSIS, Pramuka, Rohis, dll. Dengan bergaul di organisasi kita setidaknya mendapat dua manfaat yaitu teman dan ilmu.

Isi waktu kosong dengan kegiatan positif
Pergaulan bebas juga bisa dihindari dengan mengisi waklu luang dengan kegiatan postif seperti hobi olahraga, menulis, dll. Menekuni hobi yang termasuk dalam kegiatan-kegiatan positif juga sangat dianjurkan bagi anak muda karena sebuah hobi yang ditekuni bisa menjadi profesi. Misalnya kita hobi menulis, apabila ditekuni tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi penulis professional.

Tanamkan sikap positif
Menanamkan sikap positif dalam pergaulan juga sangat penting untuk menghindari pergaulan bebas yang semakin hari tambah memprihatinkan khususnya bagi anak muda. Apabila sikap postif sudah kita pegang, maka secara otomatis kita akan terhindar dari hal-hal negatif yang akan membawa kita kearah pergaulan bebas

Larangan pacaran
Pacaran saat ini bukan lagi identik dengan hubungan bujang dan gadis yang sedang belajar  menjalani proses berumah tangga. Dahulu pacara cendrung dilakukan oleh orang yang sudah siap untuk berumah tangga. Tapi kondisi saat ini kenyataannya anak-anak yang belum mengeti makna pacaran juga sudah banyak yang menjalani hubungan selayaknya orang dewasa berpacaran.

Kondisi ini yang menjadi alasan larangan pacaran untuk menghindari pergaulan bebas. Apabila anak-anak saja sudah melakukan selayaknya yang dilakukan oleh orang dewasa, maka bagaimana setelah menginjak masa remaja. Perlu diketahui juga bahwa masa-masa mendekati puberitas, rasa ingin tahu anak-anak relatif tinggi. Apabila tidak terkontrol, maka pacaran akan berdampak sangat buruk terhadap pola pergaulannya setelah menginjak masa remaja.

Jangan sampai salah dalam bergaul
Bergaul dengan orang atau kelompok yang salah tentu saja akan sangat berpengaruh dengan pola pergaulan kita. Maka dari itu kita jangan sampai salah dalam bergaul jika tidak ingin tercebur dalam pergaulan bebas.

Peran sekolah dan pemerintah
Sekolah adalah rumah kedua bagi anak-anak hingga menginjak masa remaja, sementara pemerintah disini berperan dalam hal regulasi untuk mengatasi pergaulan bebas. Jadi cara mengatasi pergaulan bebas lainnya adalah sekolah harus berperan penting dalam mendidik anak agar terhindari dari pergaulan bebas.

Dekat dengan anak
Peran orang tua adalah hal yang utama untuk mengatasi anak muda terjerumus dalam pergaulan bebas yang semakin mengerikan. Orang tua yang dekat dengan anak akan lebih leluasa dalam mengontrol pergaulannya. Anak yang dekat dengan orang tua lebih terbuka untuk bercerita dan curhat tentang masalah yang dialaminya. Dengan begitu orang tua akan mengetahui siapa teman bergaulnya, dimana biasa bermain, hobinya apa dan lain sebagainya.

Banyak belajar ilmu agama
Ilmu agama adalah ilmu yang berhubungan dengan kerohanian yaitu sebuah ilmu yang menuntun kita untuk selalu berbuat baik sesuai perintah Tuhan yang Maha Esa. Apabila kita banyak mempelajari ilmu agama, maka kita akan sangat berhati-hati dalam bertindak dan bersikap. Dengan kehati-hatian tersebut secara otomatis kita sudah menghindari pergaulan bebas yang didalamnya terdapat perbuatan melanggar norma agama.

Jangan coba-coba hal yang negatif
Cara mengatasi pergaulan bebas yang terahir adalah jangan coba-coba hal negatif dan tidak bermanfaat yang mengarah pada pergaulan bebas. Pecandu narkoba pada mulanya juga berawal dari coba-coba, begitu juga dengan yang lainnya. Oleh karena itu jangan sekali-sekali mencoba hal negatif jika tidak ingin terjerumus kedalamnya yang pada ahirnya akan menjadi penyesalan terbesar kita.

Demikian 11 cara mengatasi pergaulan bebas anak muda jaman sekarang, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila anda merasa ini bermanfaat untuk pergaulan anak muda Indonesia, maka sebarkan artikel ini dengan SHARE/BAGIKAN melalui sosial media yang anda miliki. Terimakasih…

Tinggalkan Balasan