Beranda Teknologi Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Smartphone

Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Smartphone

BERBAGI
Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Smartphone
Ilustrasi

Mudation.com – Smartphone memang sudah menjadi barang lumrah bagi semua kalangan. Karena memang sebagian besar aktivitas keseharian didukung oleh kinerja smartphone. Selain untuk berinteraksi dengan orang lain lewat berbagai aplikasi sosial media, bermain game, bahkan dampai berjualan sudah bisa dilakukan lewat smartphone. Memang sangat mengasyikan jika sudah berlama-lama didepan smartphone baik itu interaksi sosial media maupun bermain game, tapi jika sudah berlebihan bahkan sampai menguras banyak waktu hanya untuk bermain smartphone,maka bisa jadi ada indikasi kecanduan ponsel pintar satu ini.

Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Smartphone
Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Smartphone

Segala sesuatu yang berlebihan memang pastinya tidak akan berujung baik dampaknya. Tak terkecuali penggunaan smartphone. Kecanduan bermain ponsel pintar bisa menimbulkan berbagai dampak negative, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk interaksi anda dengan lingkungan sekitar. Dan berikut ini adalah beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kecanduan smartphone, yang harus anda ketahui, agar kelak mengambil langkah untuk mengantisipasinya.

Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Smartphone

1. Terganggu nya penglihatan
Jika anda sering menatap layar smartphonr dengan rentang waktu yang lama dalam satu hari dan dilakukan secara terus menerus setiap harinya, maka waspadalah dengan yang namanya Computer Vision Syndrome. Gejala dari Computer Vision Syndrome adalah mata menjadi kering. Karena normalnya manusia pada umumnya berkedip dalam satu menit adalah 16 sampai 20 kali. Akan tetapi jika terlalu lama melihat dan berinteraksi dengan smartphone,maka dalam 1 menit mata hanya akan berkedip 6 sampai 8 kali saja. Selain itu adalah sakit kepala yang disebabkan oleh tegangan urat leher. Dan yang paling fatal adalah rabun jauh pada mata.

2. Mengganggu waktu istirahat.
Saat anda sudah kecanduan dengan smartphone, suara yang ditimbulkan karena ada notifikasi dari aplikasi sosmed anda, pastinya akan memicu rasa penasaran untuk melihat isinya. Dan hal ini pastinya akan mengganggu waktu istirahat anda. Jika waktu tidur anda tidak cukup, otomatis kinerja dan produktivitas pun akan menurun, dan bisa jadi berimbas pada kesehatan fisik anda. Mematikan data seluler ataupun mematikan ponsel ketika akan beranjak tidur bisa menjadi solusinya.

3. Merusak Otak
Radiasi yang dipancarkan oleh smartphone jika tidak diminimalisir bisa berdampak pada kerusakan otak. Dan beberapa penelitian yang pernah dilakukan menghasilkan sebuah hasil yang mencengangkan. Dampak radiasi yang memicu kerusakan otak bisa berujung pada penyakit fatal seperti tumor otak, bahkan hingga insomnia berkepanjangan. Jadi meminimalisir radiasi ponsel yang masuk ke tubuh anda dengan mengurangi penggunaan smartphone bisa menjadi salah satu solusi bagi anda.

4. Merusak hubungan
Pernahkah anda mendengar istilah “menghubungkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” hal ini memang berlaku bagi anda yang sudah kecanduan smartphone. Pasalnya, jika anda lebih banyak menghabiskan waktu anda di ranah sosial media seperti facebook, twitter, instagram, path dll tentu saja waktu berkualitas dengan orang-orang sekitar yang notabene didekat anda akan berkurang bahkan sampai menyisakan sedikit sekali waktu. Jadi memang sangat penting ketika sedang bercengkrama dan berkumpul bersama orang-orang terdekat, sebisa mungkin kurangi atau kalau bisa non aktifkan pengunaan smartphone anda, agar quality time anda memang benar-benar berkualitas.

Nah itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari kecanduan smartphone, mulai dari dampak secara fisik, psikis maupun interaksi sosial anda dengan orang-orang sekitar. Jadi bijaklah dalam menggunakan smartphone. Karena smartphone pastinya memang diciptakan agar anda lebih smart dan bijak.Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan