Beranda Kesehatan Diet Sesuai Tipe Kondisi Tubuh

Diet Sesuai Tipe Kondisi Tubuh

BERBAGI

Mudation.com – Berbagai metode diet mungkin sudah kamu ikuti, namun terkadang tak juga dapat mencapai berat badan ideal yang kamu inginkan? Mungkin bisa saja hal ini disebabkan karena pemilihan diet yang kamu lakukan masih kurang tepat.

Diet Sesuai Tipe Kondisi Tubuh
Diet Makan

Untuk mengetahui pola diet yang tepat untuk berbagai kondisi, ada beberapa kelompok dan diharuskan menjalani semua pola yang berbeda tersebut selama tiga bulan. Pertama adalah emotional eaters, feasters dan yang terakhir adalah constan cravers. Berikut ini penjelasannya.

Emotional Eaters
Untuk mereka yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka makan dengan alasan psikologis dan lebih memilih junk food ketika merasa gelisah, sedih dan stres. Untuk tipe yang satu ini pada umumnya tidak terlalu memperdulikan seberapa banyak makanan yang akan masuk kedalam perut mereka.

Cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan ini adalah bergabung ke dalam grup yang beranggotakan orang – orang yang bertujuan sama. Para emotional eaters ini membutuhkan semangat dorongan dari orang – orang disekitarnya agar terus bisa terpacu untuk menjalani pola makan yang sehat.

Feaster
Berasal dari kata “feast” yang memiliki arti pesta. Diibaratkan sebagai orang yang suka datang ke pesta – pesta. Hubungannya dengan diet adalah pada saat makan, suatu hormon di dalam perut biasanya akan mengirimkan suatu sinyak kuat ke otak untuk memberitahukan waktu perut kenyang. Namun untuk orang yang termasuk ke dalam golongan feaster, jumlah kadar hormon GLP-1 ini leih sedikit diproduksi dalam tubuhnya. Dan hal ini berarti sinyal kenyang menuju ke otak akan lebih lemah dibandingkan dengan orang yang normal. Pasalnya mereka akan terus makan tanpa mereka sadar kalau makanan yang masuk ke dalam perut mereka sudah berlebihan.

Untuk orang yang termasuk kedalam golongan feaster ini, memerlukan diet yang didalamnya ada makanan yang dapat meningkatkan produksi GLP-1. Yang bisa didapatkan dari makanan dengan kandungan protein yang tinggi dan kadar glikemik indeksnya rendah.

Constant Craver
Untuk tipe yang satu ini merupakan tipe orang yang tidak pernah kenyang. Menurut para ilmuan meyakini bahwa hal ini disebabkan karena faktor genetik yang membuat seseorang selalu merasa lapar walaupun mereka sudah makan.

Nah untuk pola diet yang cocok bagi para constan craver adalah disarankan untuk melakukan diet 5:2, atau puasa senin kamis. Makanan yang masuk kedalam tubuh tidak memiliki ketentuan dan batasan waktu tertentu, namun asupan makanan yang baik adalah makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein tanpa lemak dan serat.

Nah itulah beberapa pola diet sesuai dengan tipe tubuh masing – masing. Dengan menerapkan pola diet sesuai dengan tipe kondisi tubuh ini akan membuat tubuh kamu memperoleh berat badan yang ideal sesuai keinginan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan