Beranda Kesehatan Efek Buruk Tidur dengan Lampu Menyala

Efek Buruk Tidur dengan Lampu Menyala

BERBAGI
Efek Buruk Tidur dengan Lampu Menyala
Ilustrasi

Mudation.com – Tidur adalah suatu aktifitas yang rutin yang dilakukan oleh setiap orang. Ada sebagian orang yang melakukan tidur ketika siang hari untuk membuat tubuh kembali segar, namun kebanyakan orang akan tidur ketika malam hari. Tidur malam menjadi aktifitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk membuat tubuh istirahat setelah seharian penuh beraktifitas.

Efek Buruk Tidur dengan Lampu Menyala
Efek Buruk Tidur dengan Lampu Menyala

Namun terkadang beberapa orang tidur dengan waktu yang sangat larut malam, dan bahkan terkadang ada pula orang yang tidak tidur sampai pagi hari. Ini bukanlah suatu hal yang baik, pasalnya hal ini akan membuat jam biologis tubuh bisa terganggu jika jam tidur mereka berkurang.

Orang yang kekurangan jam tidur akan dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan mudah mengalami lupa. Kekurangan tidur juga berarti tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat.Kekurangan tidur akan dapat menyebabkan munculnya berbagai bahaya kesehatan, namun tidur yang berlebihan juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup berbahaya. Pada saat tidur hal ini akan membuat metabolisme tubuh berjaan lebih lambat.

Lama kelamaan tidur yang berlebih akan dapat membuat obesitas pada tubuh.Sebagian orang memiliki untuk tidur dalam keadaan gelap.Namun sebagian dari mereka juga memilih untuk tetap menyalakan lampu pada saat tidur di malam hari. Beberapa orang yang memilih untuk mematikan lampu ketika tidur malam, menganggap lebih nyaman tidur dengan lampu yang mati.

Selain nyaman, tidur juga akan lebih nyenyak. Tidur malam dengan ruangan yang gelap total akan dapat memberikan efek baik untuk kesehatan. Dan yang perlu kamu ketahui adalah bahwa tidur malam dengan lampu menyala juga bisa meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius seperti halnya kanker, gangguan sistem metabolisme, dan juga kardiovaskular.

Nah berikut ini ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat mengancam kesehatan tubuh ketika tidur malam hari dengan keadaan lampu menyala.

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Medical Centre mengatakan bahwa tidur dalam keadaan lampu menyala akan dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan terjadinya depresi. Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti halnya kanker prostat dan kanker payudara tidak akan berproduksi jika kamu tidur dalam keadaan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar dari lampu akan membuat produksi hormon melatonin ini akan terhenti.

Oleh karenanya sebaiknya kamu mematikan lampu ruangan kamu ketika tidur di malam hari. Paparan sinar lampu ketika tidur malam hari juga tidak baik untuk wanita pasalnya akan dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Tidur dengan lampu menyala juga bisa mengakibatkan jam biologis pada tubuh menjadi terganggu, dan akibatnya adalah tubuh terkena gangguan tidur, gangguan metabolisme dan penyakit kardiovaskular.

Tinggalkan Balasan