Beranda Kesehatan Gejala Menopause Pada Wanita Dan Cara Mencegahnya

Gejala Menopause Pada Wanita Dan Cara Mencegahnya

BERBAGI
Gejala Menopause Pada Wanita Dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi

Mudation.com – Hampir setiap orang pasti akan mengalami yang namanya Menopause. Pada umumnya masalah ini terjadi ketika kita menginjak diusia 50 tahun bahkan hingga 40 tahun banyak orang yang sudah mengalami yang namanya Menopause. Lalu apa sih sebenarnya Menopause itu? Menopause adalah Masa dimana siklus Menstruasi pada wanita berakhir dan hal ini disebabkan karena kadar hormon didalam tubuh yang berubah.

Gejala Menopause Pada Wanita Dan Cara Mencegahnya
Gejala Menopause Pada Wanita Dan Cara Mencegahnya

Ketika menginjakkan usia diangka 30th, maka fungsi dari kinerja ovarium akan menurun dan hal inilah yang menyebabkan produksi hormon reproduksi menjadi terhenti diusia-usia lanjut yaitu sekitar 50th. Ketika seseorang akan mengalami yang namanya menopause, tentu ada beberapa gejala yang seringkali dialami salah satunya yaitu terjadi perubahan siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur. Tubuh seringkali terasa panas dan jantung berdebar kencang, vagina kerap mengeluarkan keringat dan muncul rasa sakit ketika berhubungan intim, gairah seks yang menurun dll.

Pada dasarnya Menopause tidak dapat kita hindari karena setiap orang pasti akan bertambah usia seiring berjalannya waktu. Namun ada beberap cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah menopause muncul terlalu dini.

Cara Mencegah Menopause Pada Wanita

1. Hindari Makan Instan
Hidangan cepat saji atau makanan instan seperti Mie dan lain-lain memiliki kadar gizi yang tidak seimbang dan kerap menyebabkan kolesterol tinggi. Jenis makanan semacam ini sebaiknya kita hindari atau kurang untuk mencegah terjadinya menopause secara dini. Bukan hanya itu, makanan cepat saji juga kerap menyebabkan kita tidak bisa melakukan aktifitas secara maksimal karena makanan instan menyebabkan kebugaran tubuh berkurang.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Fotiestrogen
Kandungan Fotiestrogen sering kita jumpai pada jenis makanan seperti buah-buahan diantaranya buah pepaya dan bengkoang. Selain buah adapun jenis makanan lain yang banyak mengandung fotiestrogen yaitu kacang kedelai, teh hijau, wijen, gandul dll. Jika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung fotiestrogen secara rutin, maka dapat menghindarkan kita dari menopause.

3. Olahraga Teratur
Langkah mudah agar tubuh kita tetap sehat, bugar dan tetap awet muda yaitu dengan olargara secara rutin. Olahraga bukan hanya membuat kita terhindar dari menopause tetapi juga baik untuk kesehatan. Beragam jenis penyakit dapat kita cegah dengan cara olaharaga rutin dan menjaga pola hidup yang sehat.

4. Mengatur Pola Hidup
Menjalani pola hidup sehat tentu akan membuat hidup kita lebih bermanfaat. Hindari jenis makanan dan minuman berbahaya seperti rokok, miras, soda dan makanan cepat saji. Selain itu juga kita harus menjaga tubuh dan lingkungan selalu dalam kondisi bersih agar tidak menjadi sarang virus dan bakteri yang sewaktu-waktu dapat menyerang kita.

5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan dan sayuran merupakan satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya dapat mencegah penyakit tetapi juga dapat menurunkan resiko menopause pada wanita usia lanjut. Anda bisa konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat dimana kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan alam yang dapat mencegah kita dari penuaan dini dan menopause.

Demikianlah beberapa cara mencegah menopause secara alami. Cara-cara diatas sangat mudah dilakukan tinggal bagaimana niatan anda untuk melakukan dan menerapkannya dikehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan