Beranda Kesehatan Hal hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

Hal hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

BERBAGI
Hal hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

Mudation.com – Biasanya yang sering mengidap penyakit anemia adalah para kaum hawa. Hal ini disebabkan setiap bulannya, wanita selalu mengeluarkan darah haid yang tentunya hal ini akan menjadi salah satu sebab kadar hemoglobin dalam darah menjadi berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun, karena memang banyaknya kadar hemoglobin yang terlepas. Akan tetapi untuk saat ini, banyak sekali wanita yang belum sadar akan penyebab penyakit anemia, yang bila dibiarkan secara terus menerus akan sangat mengganggu kesehatan.

Hal hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia
Faktor Penyebab Penyakit Anemia

Banyak wanita yang tidak sadar mengecek kesehatannya serta kadar hemoglobin yang ada dalam tubuh. Hal ini tentu akan berakibat pada kurang tahunya kondisi tubuh, jika sudah terjadi demikian, maka langkah antisipasi pun akan menjadi sulit untuk dilakukan. Maka dari itu mengenali berbagai macam penyebab penyakit anemia, bisa menjadi salah satu bekal anda untuk melakukan pencegahan dan langkah antisipasi yang tepat. Dan berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit anemia yang perlu untuk anda ketahui.

Hal-hal yang menajdi penyebab penyakit anemia

1. Kekurangan zat besi
Zat besi memiliki peranan untuk memproduksi sel darah merah dala tubuh. Maka dari itu, jika sampai anda mengalami kekurangan zat besi, maka otomatis pasokan sel darah merah anda pun akan menurun, dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab penyakit anemia. Anda bisa rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti misalnya ikan, bayam, ubi dll.

2. Tubuh tidak bisa menyerap zat besi
Walaupun asupan zat besi anda lebih dari cukup, akan tetapi jika tubuh tidak mampu menyerap zat besi, maka hal ini juga menjadi salah satu penyebab penyakit anemia. Keadaan tubuh tidak bisa menyerap zat besi malahan mengikat zat besi, sehingga produksi sel darah merah pun akan terhambat. Hal ini juga yang perlu anda perhatikan adalah jangan memakan bahan makanan yang banyak mengandung zat besi, bersamaan dengan makanan ataupun minuman yang bersifat mengikat zat besi.

3. Pendarahan
Pendarahan dalam tubuh bisa terjadi disebabkan karena hormin yang tidak normal. Hormone estrogen yang meningkat bisa menyebabkan terjadinya pendarahan yang banyak. Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak kandungan hemoglobin sehingga terjadi anemia.

4. Kelainan Antibodi
Kelainan antibodi ini dikarenakan zat yang seharusnya melakukan pembentukan zat besi, akanberubah menjadi penghancur sel darah merah. Maka hal ini bisa menjadi salah satu akibat dari penyakit anemia, karena banyaknya sel darah merah yang terbuang percuma.

5. Melahirkan
Selain hal diatas, pada saat proses kelahiran pun juga tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu penyebab terjadinya anemia. Proses kelahiran buah hati memang memiliki cerita tersendiri terutama jika mesti mengeluarkan banyak darah, akan tetapi,hal yang perlu untuk anda lakukan adaah selalu membantu orangtua dalam mengurus putra putri anda.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit anemia. Tentunya setelah mengetahui beberapapa penyebab ya, makalangkah antisipasi pun akan semakin mudah dijalankan.

Tinggalkan Balasan