Beranda Gaul Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Acara Lamaran

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Acara Lamaran

BERBAGI
Acara lamaran

Mudation.com – Seperti apa konsep acara lamaran sederhana pada umumnya? Semua orang pasti memiliki sebuah impian tentang sebuah pernikahan karena pernikahan merupakan salah satu jenjang terbesar untuk mengantarkan kita ke dunia baru yang sangat penting dalam kehidupan.

Acara Lamaran
Acara Lamaran

Akan tetapi pernikahan bukanlah sesuatu yang sederhana yang bisa dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang. Pernikahan merupakan gerbang pintu masuk ke dalam kehidupan yang baru, hal ini tentu memerlukan kesiapan yang maksimal bagi siapapun yang ingin melaksanakan prosesi pernikahan.

Bukan hanya sebatas kesiapan mental dan usia yang cukup saja, akan tetapi perlu juga kesiapan materi atau finansial yang juga menjadi faktor pendukung berjalan lancarnya sebuah acara pernikahan. Selain itu juga, dalam menjalani acara pernikahan, kita juga harus melalui beberapa proses, seperti perkenalan, saling memahami karakter masing-masing, sampai pada lamaran lalu kemudian dilanjutkan dengan acara pernikahan.

Salah satu rangkaian acara penting yang merupakan proses sebelum pernikahan adalah lamaran. Berbeda dengan acara pernikahan, lamaran pada umumnya hanya dilakukan secara sederhana yang tidak membutuhkan aturan dan biaya yang begitu besar.

Makna Acara Lamaran
Lamaran merupakan tahapan awal yang harus dilalui dalam suatu pernikahan yang umumnya dilakukan oleh kaum pria untuk menyampaikan niat dan kesungguhannya untuk menikah serta meminta restu dan persetujuan dari orang tua wanita yang akan dinikahi.

Apabila kedua orang tua atau wali si wanita telah setuju, maka akan ditentukan aplikasi proses berikutnya menuju ke jenjang pernikahan. Secara umum, acara lamaran terbagi menjadi dua, yaitu acara lamaran non formal dan formal.

1. Lamaran Non-Formal
Lamaran non-formal maksudnya adalah acara lamaran yang dilakukan oleh sang pria yang akan menyampaikan maksud keinginannya untuk menikahi si wanita. Pada acara lamaran non-formal ini, biasanya  pria hanya datang seorang diri untuk menemui kedua orang tua atau wali wanita yang akan dipinangnya.

2. Lamaran Formal
Lamaran formal merupakan sebuah acara lamaran yang dilakukan pihak pria kepada pihak wanita yang dilakukan secara resmi. Dalam acara ini keluarga besar kedua belah pihak bertemu dan membicarakan rencana dan konsep pernikahan, misalnya waktu pelaksanaan, tempat, termasuk juga bagaimana konsep acara pernikahan tersebuat akan dikemas.

Pada acara lamaran formal ini, dari pihak pria pada umumnya sudah membawa sejumlah seserahan yang akan menjadi pelengkap pada acara pernikahan yang akan berlansung.

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Acara Lamaran Sederhana

Meskipun tidak kalah pentingnya dengan acara pernikahan, biasanya acara lamaran dibuat dengan konsep sederhana karena masih banyak kebutuhan yang akan diperlukan sampai pada acara pernikahan berlangsung nanti. Akan tetapi untuk acara alamran juga tentunya harus dengan persiapan, sehingga acaranya berjalan dengan baik. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan untuk acara lamaran:

1. Cincin Lamaran
Biasanya bagi sebagian orang, acara lamaran dibuat sekaligus sebagai acara pertunangan. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu serta biaya, sehingga tidak terlalu sering mengadakan acara. Oleh karena itu, sepasang cincin lamaran juga harus dipersiapkan sebelum acara lamaran.

2. Hantaran atau Seserahan
Secara umum, seserahan yang dibawa oleh pihak pria adalah uang hantaran, perhiasan , baju lengkap dengan baju dalam, sepatu dan tas, keperluan buat berhias, seperangkat alat sholat, dan sebagainya. Bagi yang  masih berpegang pada tradisi adat istiadat, berbagai makanan tradisional dan sembako biasanya juga menjadi hantaran yang diserahkan.

3. Makanan
Pada sebuah acara, tentu makanan merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Begitu juga pada acara lamaran, kita harus mempersiapkan makanan kecil atau snack dan makanan inti, seperti nasi beserta lauk pauknya.

4. Akomodasi
Bagi pasangan yang tinggal di kota dan memiliki jarak berjauhan, transportasi dan akomodasi juga harus dipersiapkan dengan baik. Untuk transportasi, keluarga pria bisa memilih beberapa pilihan transportasi umum atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi.

5. Pakaian
Beberapa pasangan sangat mempersiapkan acara lamarannya dengan detil agar lebih mengesankan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan pakaian. Anda bisa mempersiapkan baju yang seragam ataupun tidak, yang penting serasi dengan selera dan kemampuan masing-masing.

Demikian ulasan tentang acara lamaran kali ini, semoga bermanfaat untuk anak muda Indonesia khususnya yang sudah berencana untuk melamar wanita idamannya.

Tinggalkan Balasan