Beranda Teknologi Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

BERBAGI
Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone
Ilustrasi

Mudation.com – Keberadaan smartphone di tengah-tengah masyarakat menjadikanya semakin populer. Hal itulah yang menyebabkan gaya hidup seseorang terpengaruh oleh perkembangan teknologi dimana akan berdampak positif atau negatif. Buruknya jika sesorang sudah menggunakan smartphone secara berlebihan. Maka tak heran ia akan lebih bersifat acuh terhadap lingkungan di sekitarnya.

Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone
Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

Sementara di sisi lain banyak yang berkomentar seringnya penggunaan smartphone beralasan karena urusan pekerjaan. Kebutuhan smartphone sebagai pengganti laptop menjadi nomor satu, seperti komputasi dengan aplikasi word pad atau membuka email. Sayangnya banyak pengguna ponsel yang hanya sekedar bermain di media sosial atau gaming, tentu saja hal ini tidak efektif. Ada baiknya atasi kecanduan smartphone tersebut.

Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

1.Terapkan Waktu Pemakaian
Menggunakan metode sederhana yang mana dapat anda ketahui hanya dengan menggunakan aplikasi yang mampu mendeteksi hal tersebut. Misalnya akan mengetahui berapa lama waktu pemakaian smartphone anda. Jadi, dengan kata lain penggunaan smartphone akan lebih disiplin. Saat ini aplikasi tersebut tekah dikembangkan dari dua platform, baik Android maupun iOS. Dimana bisa diunduh secara langsung untuk Android pada Quality Time dan Moment untuk pengguna iOS. Aplikasi tersebut telah disuguhkan dengan reminder apabila anda terlalu lama dalam pemakaian smartphone.

2. Mematikan Notifikasi
Dengan mematikan notifikasi maka secara tidak langsung anda telah mengurangi pemakaian smarthone dengan terus menerus. Sebaiknya matikan semua notifikasi dari aplikasi jejaring media sosial yang mana memang sudah terinstall pada smartphone. Namun, anda pasti mengira jika memutuskan notifikasi akan kehilangan kontak orang yang penting. Tenang saja, ada soulusi terbaik yakni dengan memilih opsi dimana digunakan dalam mematikan notifikasi pada setiap aplikasi yang harus dinon-aktifkan.

3. Kurangi Penggunaan Smartphone
Inilah salah satu cara yang bisa anda terapkan dengan penuh penekanan dan dorongan dari dalam diri anda sendiri. Masalahnya anda perlu memerlukan waktu tahap demi tahap dalam menurunkan penggunaan smartphone, sehingga anda bisa terlepas dari kecanduan ponsel pintar yang anda miliki itu. Langkah tepatya adalah dengan menperbanyak kegiatan fisik yang mana akan mampu mempengaruhi dalam pengalihan fokis anda teruntuk hal-hal lain dimana dianggap lebih penting.

4. Gunakan Fitur Standart
Gunakan fitur standar termasuk cara yang baik dalam mengatasi pecandu smartphone. Dengan memahami fungsi dan keperluan penunjang sebagai alat komunikasi yang sekiranya dimulai dari yang penting atau tidak. Misalnya, anda tidak terlalu membutuhakn smartphone yang mana harus eksis di media sosila, maka baiknya gunakan alat komunikasi yang hanya menawarkan fitur standar, seperti khusus difungsikan sebagai media telon atau sms saja. Hal ini akan bertujuan bagi anda agar tidak tertarik dalam berlama-lama menggunakan alat canggih ponsel tersebut.

5. Berinteraksi Langsung
Apakah anda sadar bahwa selama ini pecandu smartphone tampak tak peduli dengan lingkungan sekitar? Jika diperhatikan dengan seksama hal tersebut memang benar adanya para pengguna seringkali mengabaikan keadaan sekitarnya, lantaran hanya menatapi layar smartphone saja. Memungkinkan mereka yang kecanduan sudah tidak membutuhkan orang lain karena dunia telah dapat digenggamnya cukup dengan smartphone. Apabila anda merasa dan menyadari sesuatu itu, maka bertindaklah bijak untuk mengubah kebiasaan buruk. Dengan menyimpan ponsel pintar dan lakukan interaksi atau perbanyak sosialisai dengan teman anda.

Sekian yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. Ingatlah bahwa kacanduan smartphone akan berpengaruh pada perkembangan psikologi karakter para penggunanya. Jika semakin sering penggunaan smartphone, maka risiko kecanduan akan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan