Beranda Kesehatan Inilah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Sering Begadang

Inilah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Sering Begadang

BERBAGI
Inilah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Sering Begadang
Ilustrasi

Mudation.com – Pola tidur yang kurang teratur, akan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kamu. Tidur terlalu larut malam namun ingin bangun ketika pagi hari tentunya menjadi hari yang begitu melelahkan apalagi kamu melakukannya setiap hari. Begadang merupakan salah satu kegiatan yang bisa menimbulkan efek buruk pada tubuh. Ada beberapa alasan orang untuk tetap terjaga sampai larut malam atau bahkan sampai pagi hari.

Inilah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Sering Begadang
Inilah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Sering Begadang

Mungkin biasanya hal ini dilakukan karena ada pekerjaan atau pun tugas yang harus diselesaikan atau memang kamu tidak bisa tertidur. Sebaiknya kamu tidak melakukan begadang untuk hal – hal yang tidak penting, karena hal ini akan dapat menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan tubuh kamu.

Inilah Beberapa Dampak Negatif Akibat Begadang.

Lemas
Karena terlalu sering melakukan begadang dan kurangnya waktu istirahat, tentunya hal ini akan membuat energi dalam tubuh terus terkuras. Dan berakibat pada rasa lemas dan kurang bersemangat pada saat siang hari.

Masuk Angin
Nah efek buruk lainnya adalah dapat menyebabkan terjadinya masuk angin. Tubuh yang seharusnya istirahat namun masih dipaksa untuk tetap aktif, ditambah lagi biasanya ketika begadang orang akan mengkonsumsi berbagai camilan yang tidak sehat seperti halnya meminum kopi yang merupakan minuman berkafein. Inilah yang menimbulkan rasa perut kembung dan masuk angin.

Sakit Kepala
Sering merasa tidak nyaman pada bagian kepala ketika bangun terlalu siang atau pun tidur terlalu malam merupakan salah satu akibat dari kurangnya tidur. Hal ini membuat sel otak sedikit demi sedikit akan mengalami berbagai masalah karena tubuh tidak cukup istirahat. Selain itu sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurangnya tidur memiliki dampak seperti halnya benturan pada kepala.

Insomnia
Nah karena seringnya mata kamu terjaga ketika malam hari dan harus melanjutkan akfititas pada siang harinya. Maka hal ini akan berakibat pada tubuh yang terbiasa dengan keadaan seperti ini. Ketika kamu mencoba untuk tidur pada jam tidur yang semestinya, kamu akan mengalami yang namanya susah tidur. Dan inilah yang menyebabkan begadang bisa menimbulkan insomnia jangka panjang.

Pikun
Selain insomnia begadang juga dapat membuat seseorang mengalami pikun pada saat usia muda. Ketika tidur otak akan mengingat berbagai informasi yang terjadi selama seharian. Karena tidur otak akan menggabungkan memori eksplisit dan implisit di dalamnya. Nah jika terlalu sering begadang, hal ini akan membuat fungsi otak yang satu ini akan terganggu dan menyebabkan kepikunan.

Kurang Fokus/ Konsentrasi
Begadang juga dapat menurunkan tingkat konsentrasi pada tubuh seseorang. Siklus tidur ketika malam hari ini berperan dalam menguatkan memori dalam pikiran. Nah jika kamu sering melakukan begadang maka kamu akan lebih sulit untuk mengingat kejadian yang sudah dialami.

Tinggalkan Balasan