Beranda Kesehatan Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidant

Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidant

BERBAGI
Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidant
Ilustrasi

Mudation.com – Saat ini polusi udara memang sangat banyak sekali berada dimanapun, hal inilah yang akan menimbulkan radikal bebas didalam tubuh. Radikal bebas inilah yang akan bersifat merusak sel tubuh jika terus menerus mengendap dalam tubuh. Selain polusi, tentu saja banyak faktor lain yang menjadi salah satu penyebab radikal bebas, yang tidak akan bisa kita hindari dalam kehidupan sehari- hari, terutama jika anda tinggal dilingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi, atau juga memiliki gaa hidup yang kurang sehat. Namun banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menangkal radikal bebas masuk dalam tubuh.

Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidant
Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidant

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidant. Antioksidant ini sendiri merupakan suatu zat yang mampu melindungi tubuh kita dari bahaya radikal bebas. Bahaya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan kita antara lain seperti kanker, tekanan darah tinggi, atau bahkan penuaan dini. Didalam kandungan antioksidant ini terdapat berbagai macam vitamin seperti selenium, vitamin E, flavonoid, licopene, lutein, veta karoten dll. berikut adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan antioksidant yang bisa coba anda konsumsi.

Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidant

1. Buah Berry
Didalam jenis buah berry terdapat antioksidant yang tinggi serta berbagai macam mineral yang sangat kaya manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda. jenis buah berry yang dimaksud disini antara lain blueberry, raspberry, cranberry, stroberi, hingga blackberry. Anda bisa memanfaatkan buah berry ini sebagai bahan utama salad buah, yang efektif menggantikan camilan yang kurang sehat bagi tubuh. Cukup mengkonsumsi segenggam saja setiap hari, kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh bisa anda dapatkan.

2. Sayuran Hijau
Selain buah berry, sayuran hijau juga termasuk kedalam jenis makanan yang sangat tinggi akan kandungan antioksidant nya. jika anda rutin mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan antioksidant ini, maka anda akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya akibat radikal bebas seperti kanker, dll. contoh sayuran hijau yang bisa anda coba konsumsi seperti sawi hijau, lobak, kubis, dll.

3. Teh Hijau
Minuman yang satu ini juga termasuk minuman yang kaya akan kandungan antioksidant yang sangat tinggi. Rutin mengkonsumsi teh hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mencegah dari resiko penyakit berbahaya, hingga bisa mencegah diri dari penuaan dini. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi teh hijau, dan rasakan manfaatnya dalam tubuh anda.

4. Minyak Nabati
Minyak nabati yang kaya akan antoksidant antara lain adalah minyak zaitun, minyak gandum, minyak kenari, dll. anda bisa menambahkan minyak nabati ini kedalam makanan anda. seperti misalnya minyak zaitun ke salad sayuran anda, untuk semakin menambah kandungan antioksidantnya. Selain kaya akan kandungan antioksidant nya, minyak nabati ini juga akan membantu anda dalam penyerapan vitamin pada tubuh.

5. Kacang – kacangan
Selain mengandung protein, beberapa jenis kacang – kacangan ini ternyata sangat kaya akan kandungan antioksidant yang tinggi. Seperti misalnya kacang pinto, kacang merah, atau kacang hijau. Anda bisa mencoba untuk menghidangkan kacang – kacangan ini dalam bentuk sayur sop, atau berbagai macam olahan lainnya.

Demikian beberapa jenis makanan sehat yang kaya akan antoksidant yang bisa anda konsumsi untuk menangkal radikal bebas. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk anda.

Tinggalkan Balasan