Beranda Kesehatan Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Rambutan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Rambutan

BERBAGI
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Rambutan
Ilustrasi

Mudation.com – Salah satu buah yang banyak tumbuh di wilayah daratan tropis yang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah buah rambutan. Buah rambutan ini mengandung berbagai macam kandungan vitamin dan juga mineral serta kandungan air yang banyak. maka tak heran, selain memiliki rasa yang lezat, buah rambutan ini memiliki rasa yang segar, dan bisa mengatasi dahaga anda. buah rambutan ini terdiri dari beberapa jenis yang bisa anda ketahui. seperti rambutan dengan kulit merah, atau rambutan dengan kulit berwarna kuning semu kehijauan.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Rambutan
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Rambutan

Didalam rambutan terdapat berbagai macam za gizi yang sangat banyak,seperti karbohidrat, sebagai sumber energy, vitamin C sebagai antioksidant dalam tubuh, serta berbagai macam kandungan mineral lainnya yang terdiri atas kalsium, fosfor, zat besi, niacin, potassium, magnesium,dll. dengan kandungan zat gizi yang sangat kaya ini, rambutan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah rambutan serta kandungan gizi nya bagi kesehatan yang perlu untuk anda ketahui.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Rambutan

1. Menurunkan kolesterol
Didalam rambutan terdapat kandungan flavonoid yang tinggi. Kandungan flavonoid ini bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. jika kadar kolesterol dalam tubuh anda menurun, maka sekaligus bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung, atau juga darah tinggi hingga bisa menangkal resiko penyebab serangan stroke. Jadi memasukan buah rambutan ke daftar buah favorit tentu tidak ada salahnya untuk menurunkan kolesterol anda.

2. Mengatasi sariawan, bibir pecah – pecah serta sakit tenggorokan
Sariawan, sakit tenggorokan hingga bibir pecah – pecah merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin C. dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini, anda bisa mengatasi sariawan hingga sakit tenggorokan denga hanya mengkonsumsi buah rambutan. Selain itu, vitamin C pada buah rambutan ini juga sangat berkhasiat menjaga daya tahan tubuh.

3. Mengatasi anemia
Anemia adalah salah satu penyakit dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah ini sendiri bisa berproduksi jika asupan vitamin A tercukupi dalam tubuh. Didalam buah rambutan ini sendiri, memang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain vitamin A, buah rambutan juga kaya akan zat besi yang juga sangat bermanfaat sebagai salah satu zat pembentuk eritrosit atau sel darah merah.

4. Menyembuhkan diare
Diare jika tidak segera ditangani, maka akan membawa dampak yang lebih serius pada kesehatan tubuh. Diare bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan serta serat yang cukup. Mengkonsumsi rambutan sebagai salah satu buah yang banyak mengandung serat dan air yang cukup banyak, nyatanya sangat bermanfaat untuk penyembuhan diare secara alami. Selain mengatasi diare, rambutan juga sangat bermanfaat dalam menjaga usus agar nantinya organ pencernaan ini selalu terlindungi.

5. Anti radang
Selanjutnya manfaat buah rambutan yang bisa anda petik khasiatnya adalah sebagai salah satu zat antiradang dalam tubuh anda. didalam rambutan terdapat berbagai macam zat yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Yang sangat ampuh mengatasi radang sendi, radang tenggorokan, hingga radang paru – paru.

Demikian beberapa manfaat serta kandungan gizi pada buah rambutan yang sangat besar manfaatnya. Semoga bisa menjadi informasi bagi anda akan manfaat buah rambutan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan