Beranda Kesehatan Makanan yang Sebaiknya Dibeli yang Organik

Makanan yang Sebaiknya Dibeli yang Organik

BERBAGI
Makanan yang Sebaiknya Dibeli yang Organik
Ilustrasi

Mudation.com – Setiap kali berbelanja, biasanya sebagai ibu rumah tangga terkadang merasa dilema untuk membeli makanan organik atau non organik. Makanan organik tanpa kandungan pestisida biasanya akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan produk biasa, dan tidak semua orang bisa membelinya sewaktu – waktu.

Makanan yang Sebaiknya Dibeli yang Organik
Makanan yang Sebaiknya Dibeli yang Organik

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa makanan sehat yang sebenarnya lebih baik untuk dibeli yang organik untuk kesehatan tubuh anda dan keluarga anda.

Makanan yang Sebaiknya Dibeli yang Organik

Apel
Apel merupakan buah dengan sumber serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh, dan juga sebagai salah satu buah dengan kandungan pestisida yang tinggi menurut laporan Enviromental Working Group (EWG) tahun 2015. Dalam 99 persen apel yang diuji, sekitar satu persen ini memiliki kandungan pestisida residu. Dan sebagian besar bagian yang terkontaminasi adalah kulit, yang merupakan bagian yang paling bermanfaat dari apel. Dan yang lebih menguntungkan adalah perbedaan harga apel organik dan non organik sangat sedikit sehingga tentu saja ini masih seimbang dengan manfaat yang didapat.

Strawberry
strawberry merupakan buah yang sangat rentan akan hama karena tidak memiliki kulit luar yang sangat kuat untuk melindunginya sehingga hal ini membuat pestisida sering digunakan sebagai salah satu solusinya. Masih menurut EWG, pada ladang strawberry konvensional seluas 4047 meter persegi setidaknya terdapat setengah kilogram pestisida yang diberikan. Sehingga kalau kamu khawatir mengenai kandungan pestisida pada makanan yang kamu konsumsi sebaiknya untuk membeli strawberry organik.

Tomat Buah
Tomat organik adalah salah satu buah – buahan atau sayuran yang sudah terbukti akan kandungan nutrisi yang tinggi. Menurut hasil penelitian, tomat memiliki kandungan flavonoid dua kali lipat dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apabila kamu menginginkan tomat yang sehat untuk salad buah, sebaiknya kamu membeli tomat organik.

Jagung
Ada sekitar 90 persen jagung yang kamu temui di pasaran saat ini sudah mengalami rekayasa genetik. Seperti yang bisa kamu temukan pada pemanis buatan yang berbahan dasar jagung, minyak dan tepung jagung pada makanan olahan seperti pop corn. Nah untuk kamu jangan khawatir mengenai adanya pestisida di dalam jagung yang akan kamu beli, sebaiknya membeli jagung yang organik.

Mentimun
Mentimun yang biasa biasanya dilapisi dengan lilin yang terbuat dari minyak bumi untuk menjaga kesegaran buahnya. Dan bahkan lapisan lilin ini bisa membaur bersama pestisida dan sangat tidak mungkin untuk menghilangkannya dengan dicuci. Mentimun merupakan salah satu buah yang menduduki ranking sembilan pada daftar makanan yang paling terkontaminasi dan mengandung sekitar 86 jenis pestisida yang berbeda.

Nah untuk kamu yang hendak membeli mentimun biasa, sebaiknya untuk terlebih dahulu mencuci dan mengupas kulitnya terlebih dahulu walaupun belum tentu hal tersebut bisa menghilangkan semua bahan kimia yang ada di dalamnya dan tentunya menghilangkan beberapa nutrisi yang penting. Semoga informasi manfaat buah dan sayuran di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan