Beranda Kesehatan Menu Makanan Sehat Yang Baik Untuk Anak

Menu Makanan Sehat Yang Baik Untuk Anak

BERBAGI
Menu Makanan Sehat Yang Baik Untuk Anak
Ilustrasi

Mudation.com – Kebutuhan gizi bagi seorang anak sangatlah penting terutama untuk pertumbuhan. Seorang ibu hendaknya memberikan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi agar anak dapat berkembang dengan baik. Selain itu, hindari makanan olahan dan makanan ringan yang mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga berpengaruh terhadap kesehatannya.

Menu Makanan Sehat Yang Baik Untuk Anak
Menu Makanan Sehat Yang Baik Untuk Anak

Gizi yang dibutuhkan pada anak anak dan orang dewasa berbeda. Anak lebih banyak membutuhkan kalori dan nutrisi untuk membantu pertumbuhannya namun tetap rendah lemak. Jika kita kurang memperhatikan hal hal diatas, maka akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak dan lemahnya daya tahan tubuh anak terhadap serangan penyakit.

Sayuran merupakan makanan yang banyak mengandung serat, vitamin dan mineral. Namun kebanyakan anak jarang yang menyukai sayuran sehingga seorang ibu harus bisa memberikan inovasi baru dengan cara menyajikannya secara unik dan menarik agar mengundang selera makan anak. Untuk mengetahui jenis makanan sehat apa saja yang dibutuhkan oleh anak? Silahkan dapat anda lihat dibawah ini.

Makanan Sehat Untuk Anak

1. Susu
Pastinya anda sudah tahu kalau susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang karena kandungan kalsiumnya dan vitamin D yang tinggi. Konsumsi susu setiap hari minimal 2x untuk membantu kecerdasan otak dan kekebalan tubuh.

2. Yogurt
Yogurt hampir sama dengan susu, namun yogurt memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak jika dibandingkan dengan susu. Selain itu yogurt juga dikenal sebagai sumber bakteri baik yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bebas dari masalah pencernaan atau diare.

3. Tahu
Kandungan protein dan vitamin B, serta kalsium dan zat besinya sangat membantu untuk pertumbuhan anak dan kesehatan tulang.

4. Wortel
Untuk menjaga kesehatan mata dari efek radikal bebas, sebaiknya anak harus mengkonsumsi wortel lebih banyak karena karena kandungan vitamin A nya yang sangat baik untuk kesehatan mata.

5. Alpukat
Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat. Alpukat memiliki kadar lemak tak jenuh. Cara mengkonsumsi alpukat ini dengan cara menumbuk dan dicampur dengan jus lemon untuk meningkatkan kalori. Alpukat ini sangat cocok untuk anak usia dini sebagai asupan lemak.

6. Ubi Jalar
Dibalik harganya yang murah ternyata ubi jalar merupakan salah satu sayuran yang paling bergizi. Ubi jalar sangat kaya akan betakarotinnya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan didalam tubuh.

7. Buah Mangga
Mangga sangat kaya akan vitamin C dan sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh pada anak dan menjaga kesehatan gusi anak.

Dengan menjaga pola makan anak, maka pertumbuhan anak pun bisa menjadi lebih baik. Baik dari segi fisik maupun fikiran. Makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi sangat penting untuk perkembangan tulang, otot dan otak anak dan kurangi makanan yang rendah nutrisi seperti permen dan minuman ringan. Sekian dan Terimakasih.

Tinggalkan Balasan