Beranda Kesehatan Obat Alami Pilek Atau Influenza

Obat Alami Pilek Atau Influenza

BERBAGI
Obat Alami Pilek Atau Influenza
Ilustrasi

Mudation.com – Pilek jika terus dibiarkan akan menimbulkan dampak yang berbahaya bagin tubuh, namun sayangnya kebanyakan orang menganggap pilek adalah penyakit yang seringkali dianggap enteng. Banyak yang mengira bahwa pilek dan influenza adalah dua jenis penyakit yang sama, padahal sebenarnya kedua penyakit ini sangat berbeda. Letak perbedaannya ada pada cara penularannya, serta penyebab dari penyakit ini. biasanya pilek ini sendiri disebabkan oleh adenovirus, sedangkan untuk influenza sendiri, disebakan oleh virus influenza.

Obat Alami Pilek Atau Influenza
Obat Alami Pilek Atau Influenza

Pilek dan influenza ini sendiri merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Misalnya saja jika penderita pilek menyeka hidungnya dan memegang sebuah benda, dan anda tidak sengaja memegang benda yang sama dan tanpa cuci tangan menyeka hidung anda pula, maka ini merupakan salah satu sebab yang bisa menularkan penyakit pilek ini. untuk mengatasi pilek dan influenza juga bisa dilakukan dengan bahan alami. Berikut adalah beberapa obat alami untuk mengatasi pilek dan influenza yang bisa anda coba lakukan.

Obat Alami Pilek Atau Influenza

1. Berkumur dengan dengan larutan air garam
Cara pertaman yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pilek dengan bahan alami adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara membuat obat kumur dengan larutan air garam ini sendiri antara lain adalah dengan menambahkan garam sebanyak 1 sendok teh dan mencampurkan air hangat. Lalu anda bisa menggunakannya untuk berkumur.

2. Menggunakan madu dan sari apel
Langkah lain yang bisa anda lakukan sebagai obat alami pilek dan influenza adalah dengan menggunakan madu serta sari apel. Campuran kedua bahan ini selain memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, juga merupakan obat pilek yang memiliki rasa yang lezat. Cara penggunaannya adalah dengan mencapurkan madu dengan satu sendok makan sari apel kedalam minuman teh hangat.

3. Meminum minuman hangat
Pilek atau juga influenza identik dengan hidung tersumbat, serta radang. Untuk mengatasi radang ini, anda bisa mencoba untuk meminum minuman hangat yang bisa bermanfaat meredakan hidung tersumbat, serta bisa menenangkan membran yang mengalami peradangan, yang merupakan salah satu membran yang melapisi tengorokan serta hidung. Salah satu minuman hangat yang berkhasiat adalah wedang jahe.

4. Menggunakan minyak kayu putih
Saluran hidung yang tersumbat bisa dilancarkan dengan menghirup minyak kayu putih. Didalam minyakkayu putih terdapat bahan pati yang bisa membantu meringankan rasa sakit didalam hidung. Mengoleskan minyak kayu putih juga bisa membantu anda dalam membuka saluran pernafasan. Namun yang perlu diperhatikan adalah anda jangan mengoleskan minyak kayu putih didalam rongga hidung.

5. Makan bahan makanan anti infeksi
Selain itu, asupan makanan yang bisa melawan infeksi juga termasuk kedalam obat alami yang bisa anda gunakan sebagai obat pilek atau influenza. Beberapa makanan yang baik untuk pilek antara lain buah – buahan yang kaya akan vitamin C misalnya jeruk, jambu biji, atau blueberry yang mengandung zat aspirin yang bisa membantu anda dalam mengurangi rasa sakit.

Demikian beberapa obat alami dalam mengatasi pilek dan influenza yang bisa anda coba gunakan. Selain itu, istirahat secara cukup juga akan turut membantu anda dalam mengatasi penyakit pilek dan juga influenza dengan baik.

Tinggalkan Balasan