Beranda Kesehatan Obat Diare Tradisional Paling Manjur

Obat Diare Tradisional Paling Manjur

BERBAGI
Obat Diare Tradisional Paling Manjur
Ilustrasi

Mudation.com – Salah satu penyakit yang sering dialami oleh sebagian masyarakat adalah diare. Penderita diare ini tidak memandang usia, mulai anak – anak hingga lansia, semua pasti pernah mengalami diare. Banyak yang menganggap bahwa diare ini merupakan salah satu penyakit ringan yang sepele. Namun jika diare terus menerus menjangkiti tanpa ditangani lebih lanjut lagi, maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Terlebih jika diare terjadi pada balita, jika sudah sangat parah bahkan bisa menyebabkan kematian.

Obat Diare Tradisional Paling Manjur
Obat Diare Tradisional Paling Manjur

Diare merupakan suatu keadaan dimana feses yang keluar berubah menjadi cair atau lembek, dengan frekuensi yang sering, serta intensitas keluar yang sering lebih dari 3 kali dalam 1 hari. Jika diare berlanjut terus menerus tanpa ditangani dengan tepat, maka pengidapnya akan mengalami dehidrasi akut dikarenakan cairan dalam tubuhnya berkurang drastis. Banyak cara yang bisa anda coba lakukan untuk menangani diare ini. Seperti misalnya dengan obat tradisional yang akan dibahas berikut ini.

Obat Diare Tradisional Paling Manjur

1. Ramuan Jahe
Tanaman rempa – rempah yang memang sudah dikenal lama menyimpan banyak khasiat ini ternyata juga ampuh dalam mengatasi diare dengan cara membuang racun yang ada pada tubuh hingga bisa menyingkar kram perut. Untuk membuat obat tradisional menggunakan jahe untuk mengatasi diare ini antara lain dengan cara jahe diparut hingga halus, lalu tambahkan dengan madu sebanyak satu sendok teh. Campuran madu dan jahe ini, bisa langsung anda konsumsi untuk mengatasi diare secara alami.

2. Cuka Apel
Cuka apel mengandung berbagai macam zat aktif yang mampu melawan bakteri penyebab diare. Tentu saja anda mesti rutin dalam mengkonsumsi ramuan cuka apel ini, agar diare bisa segera diatasi dengan baik. Cara meramu nya adalah hanya dengan mencampurkan cuka apel sebanyak 1 sendok teh dalam segelas air, lalu minumlah larutan cuka apel ini dua kali dalam sehari.

3. Minyak Habbatussauda
Habbatussauda atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan jintan hitam ini, memang merupakan salah satu obat herbal yang bisa berkhasiat mengobati segala macam penyakit, termasuk juga diare. Anda hanya perlu mencampurkan minyak habbatussauda ini dalam satu cangkir youghurt lalu, minumlah secara rutin sehari dua kali, agar diare segera diatasi.

4. Daun Jambu Biji
Bahan alami ini, sudah lama dikenal sebagai obat paling ampuh dalam mengatasi diare. Bahkan beberapa perusahaan obat diare pun banyak yang menggunakan daun jambu biji ini, dalam bahan baku obat diare mereka. Anda pun juga bisa meramu ramuan jambu biji ini sebagai obat diare secara alami. Hanya dengan merebus daun jambu biji hingga mendidih kedalam air secukupnya. Dan minumlah air rebusan jambu biji ini, secara teratur untuk membantu mengatasi diare anda.

5. Ramuan garam dapur dan gula
Campuran kedua bahan ini lebih sering kita sebut sebagai ramuan oralit. Ramuan oralit ini, sangat berfungs sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare, serta termasuk salah satu ramuan tradisional yang ampuh dalam mengatasi diare secara alami. Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 8 sendok makan gula pasir dalam 1 liter air, serta tambahkan setengah sendok teh garam dapur. Aduk hingga merata dan benar – benar larut. Sekarang ramuan oralit pun sudah siap anda gunakan sebagai obat diare.

Demikian beberapa obat diare tradisional paling manjur yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan – bahan yang diperlukan juga sangat mudah ditemukan disekitar, sehingga pengobatan diare pun bisa dengan mudah dilakukan. Dan jangan lupa untuk menjaga selalu kebersihan diri dan lingkungan, agar resiko diare bisa dicegah. Semoga beramanfaat.

Tinggalkan Balasan