Beranda Kesehatan Penyebab Munculnya Keriput

Penyebab Munculnya Keriput

BERBAGI
Penyebab Munculnya Keriput
Penyebab Munculnya Keriput

Mudation.com – Penuaan adalah sebuah proses alami yang tidak bisa dihindari oleh setiap orang ketika bertambahnya usia. Keriput atau biasa yang disebut sebagai garis halus akan muncul sebagai efek yang ditimbulkan dari penuaan. Ketika seseorang memasuki usia 30 tahun maka kemampuan kulit dalam memproduksi sel – sel baru akan semakin berkurang.

Penyebab Munculnya Keriput
Penyebab Munculnya Keriput

Namun terkadang kerutan juga akan muncul lebih awal dari yang semestinya, hal inilah yang disebut sebagai penuaan dini. Seseorang mungkin akan merasa terganggu dan kesal akan munculnya kerutan – kerutan pada wajah mereka. Kebanyakan wanita akan rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mengatasi masalah keriput pada wajah mereka, agar tetap terlihat muda dan segar walaupun usia mereka sudah tidak muda lagi.

Nah berikut ini ada beberapa penyebab munculnya keriput

Genetik
Genetik atau faktor keturunan akan sangat berpengaruh terhadap seberapa cepat atau lambatnya proses penuaan pada diri seseorang. Jadi untuk kamu yang memiliki orangtua awet muda bisa bersyukur karena kamu juga mewarisi genetik tersebut.

Kebiasaan Merokok
Merokok merupakan kebiasaan yang kurang sehat yang menjadi salah satu penyebab munculnya kulit keriput. Karena dalam rokok terdapat zat yang berbahaya yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan kulit. Nah jika kamu merupakan seorang perokok, sebaiknya untuk segera berhenti dari kebiasaan tersebut.

Kurang Aktifitas Olahraga
Nah jika kamu malas untuk melakukan olahraga, tentunya kamu sendiri yang akan merugi. Pasalnya salah satu manfaat baik dari olahraga adalah untuk memperbaiki sel kulit dan melindunginya dari resiko kanker kulit. Jadi cobalah untuk sering melakukan banyak olahraga seperti halnya senam aerobik.

Pola Makan Kurang Sehat
Jika asupan vitmin, protein dan mineral cukup maka pembentukan kerutan yang ada di wajah akan terhambat dengan sendirinya. Perhatikan pula pola makan agar kulit kamu tetap sehat.

Penggunaan Produk Kosmetik
Nah sebaiknya kamu juga berhati – hati dalam menggunakan produk kosmetik. Pasalnya berbagai macam kandungan bahan kimia ada di beberapa produk kosmetik akan dapat membuat kulit wajah kamu menjadi rusak dan menimbulkan keriput. Nah jika menggunakan produk kosmetik, kamu harus menyesuaikan dengan kondisi jenis kulit yang kamu miliki agar pengaruh efek dari penuaan dini tidak cepat muncul pada wajah kamu.

Sinar Matahari
Nah jika kamu berada terlalu lama di bawah sinar matahari secara langsung, hal ini tentunya akan dapat menyebabkan kulit kamu menjadi kering dan kusam, dan bisa juga menimbulkan keriput pada wajah kamu. Oleh karenanya gunakanlah tabir surya untuk menangkal paparan sinar matahari.

Dehidrasi atau Kekurangan Cairan’
Dehidrasi bisa menyebabkan terjadinya keriput pada wajah. Dengan berkurangnya cairan dalam tubuh, maka tubuh tidak akan mampu memberikan kelembaban untuk kulit. Dengan seperti ini, maka kelembaban kulit tersebut tentunya akan menyebabkan kulit lebih cepat kering dan keriput yang muncul pada wajah.

Tinggalkan Balasan