Beranda Kesehatan Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

BERBAGI
Tips Menjaga Kesehatan Jantung
Ilustrasi

Mudation.com – Sebagai organ terpenting, jantung harus mendapat perlindungan ekstra agar tidak menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Agar kita dapat beraktifitas secara normal, maka tubuh kita juga harus sehat. Jantung berperan sebagi organ yang memegan kendali untuk memompa darah keseluruh tubuh sehingga jika jantung mengalami masalah, maka aliran darah keseluruh tubuh menjadi terhambat akibatnya akan terjadi pada gangguan organ lain.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung
Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang pada umumnya terjadi terutama para lansia. Pola hidup menjadi salah satu faktor penyebab terserangnya penyakit jantung seperti merokok dan minum-minuman keras. Selain itu, hidup yang tidak seimbang juga bisa menjadi pemicu serangan jantung misalnya kurang olahraga, kurang asupan makanan yang bergizi dll. Nah, untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

1. Olahraga Teratur
Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting karna selain dapat menjaga kesehatan jantung, olahraga juga akan membuat tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit lainnya. Bagi yang sedang menjalani program diet, olahraga merupakan salah satu menu harian yang harus dilakukan karena cara ini cukup ampuh dan efektif untuk menurunkan berat badan.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Pola hidup yang sehat dan bersih harus dibarengi pula dengan pola makan yang tepat. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, rendah kalori, rendah lemak dan rendah garam merupakan salah satu tindakan untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsilah makanan seperti buah, sayuran, susu, biji-bijian dll.

3. Hindari Kebiasaan Merokok
Salah satu pemicu terbesar penyakit jantung yaitu disebabkan karena asap rokok. Sudah banyak yang mengetahui bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan terutama jantung, namun banyak pula orang yang menghiraukan hal tersebut seakan-akan rokok adalah teman setia yang selalu menemani dikesehariannya.

4. Periksa Kesehatan Secara Teratur
Untuk mendeteksi sejak dini, periksalah kondisi kesehatan jantung anda secara rutin agar anda juga lebih cepat melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan. Cek tekanan darah dan pastikan selalu dalam kondisi normal. Tekanan darah yang tinggi dapat menjadi pemicu seseorang terkena penyakit jantung.

5. Tidur Malam Berkualitas
Dari hasil penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa tidur yang kurang dimalam hari dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jantung. Kurangi aktifitas terutama pada malam hari dan beristirahatlah setidaknya 8 jam perhari dengan begitu maka kualitas hidup anda akan menjadi lebih baik.

6. Konsumsi Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete bisa menjadi cemilan yang menyehatkan karena makanan sehat terserbut dapat menurunkan kolesterol jahat didalam aliran darah. Namun berbagai jenis kacang ada yang mengandung kalori tinggi sehingga kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Tinggalkan Balasan