Analisis Bisnis Cuci Motor Yang Menarik

Analisis Bisnis Cuci Motor Yang Menarikmudation.com – Pencucian kapal penjelajah merupakan salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Bahkan dengan modal kecil, peluang keuntungannya cukup besar.

Tidak semua keuntungan besar diperoleh dari bisnis yang dimulai dengan modal berton-ton, tetapi tidak terbentur oleh kondisi lain seperti ketersediaan konsumen yang cukup, bisnis yang sibuk, pamer dan lain-lain.

Jika dibandingkan dengan usaha lain, seperti jasa fotocopy atau warnet, usaha cuci kapal pesiar menang dari segi modal karena tidak membutuhkan modal sebesar usaha, melainkan keuntungannya bisa sama bahkan mengungguli usaha tersebut.

Sepeda motor mungkin merupakan kendaraan yang paling terkenal dan memiliki banyak manfaat. Saat ini sudah pasti setiap keluarga pasti memiliki kapal penjelajah, bahkan terkadang lebih dari satu tergantung jumlah keluarga.

Hal ini membuktikan bahwa ketergantungan masyarakat terhadap alat transportasi tersebut masih cukup tinggi.

Selain itu, tidak setiap orang yang memiliki sepeda motor akan mendapatkan margin untuk mencuci sepeda motornya sendiri, oleh karena itu usaha cuci sepeda motor tidak pernah sepi pengunjung.

Alasan lain mengapa individu lebih suka mencuci motor di tempat cuci motor daripada mencuci sendiri adalah karena biaya jasa cuci motor yang cukup masuk akal.

Analisis Modal Awal Usaha Cuci Motor

Untuk mempertahankan usaha cuci cruiser ini, modal yang dibutuhkan tidak besar, anda bisa memulainya dengan modal 7 juta, berikut detailnya:

Tempat Pembuatan (Cottage): Rp. 2.000.000,-
Pembelian kompresor dan steam gear : Rp. 5.000.000,-
Modal Awal Lengkap : Rp. 7.000.000,-

Data:
Modal tersebut dibuat dengan asumsi bahwa tanah atau tempat tersebut dimiliki tanpa bantuan orang lain.

Biaya-biaya tersebut masih belum termasuk biaya fungsional seperti biaya pembelian bensin dan listrik sekitar 500 ribu rupiah setiap bulan, pembelian shampo sepeda dan semir ban sekitar 100 ribu rupiah secara konsisten. Jadi biaya fungsional per bulannya sekitar 600 ribu rupiah, tapi bisa berubah tergantung situasi dan kondisi.

Analisis Keuntungan Jasa Cuci Motor

Perkiraan keuntungan yang diperoleh kira-kira sebagai berikut:

Diasumsikan dalam satu hari kita bisa mencuci motor sebanyak 20 unit dengan biaya Rp. 7.000,- maka:

Dalam sehari: 20 sepeda motor x Rp. 7.000 = Rp. 140.000,-
Dalam 30 hari : 140.000 x 30 hari = Rp. 4.200.000,-

Laba bersih kami adalah:
4.200.000 – 600.000 = Rp. 3.800.000,-

Estimasi di atas disebabkan dengan asumsi Anda mendapatkan sekitar 20 pelanggan secara konsisten, jika bisnis Anda mulai sibuk maka keuntungan akan meningkat. Ketika bisnis Anda mulai dikenal oleh masyarakat umum, Anda bisa menambah karyawan untuk membantu bisnis Anda. Sehingga Anda dapat dengan cepat menyelesaikan banyak sepeda motor tanpa penundaan sesaat dengan cepat.

Analisis ini merupakan perkiraan karena harga dapat berubah. Namun jika kita melihat kembali prospek bisnis ini, bisa jadi merupakan pilihan peluang bisnis sampingan yang bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa keahlian khusus.

Akhir kata

Itulah sedikit ulasan singkat kami tentang analisa bisnis yang bermanfaat dari sebuah bisnis cuci sepeda, idealnya apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.