Cara Monetisasi YouTube Mudah & Cepat Untuk Pemula

mudation.comCara Monetisasi YouTube Mudah & Cepat Untuk Pemula,Jika mendengar kata “YouTube,” hal pertama yang Sobat Pintar bayangkan adalah pekerjaan mudah dengan hanya merekam diri dan berbagi minat dan bakat saja bukan? Terlihat sepele namun ternyata para YouTuber ini bisa meraup pendapatan hingga miliaran perbulannya dengan cara monetisasi YouTube.

Monetisasi sendiri berarti proses mengubah sesuatu supaya bisa menjadi penghasilan. Para YouTuber ini melakukan hal ini supaya mereka mendapatkan penghasilan tetap dari YouTube.

Tidak semua orang bisa melakukan hal ini, tapi jika Sobat Pintar tertarik mencobanya, Kredit Pintar akan membagikan tips monetisasi YouTube untuk pemula supaya kamu bisa mendapat adsense dari Google. Berikut adalah petunjuk.

Ketentuan monetisasi YouTube

Untuk memonetisasi YouTube, Anda perlu mengetahui bahwa saluran Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Ikuti semua aturan dan kebijakan YouTube.
  • Kebijakan berkisar dari beberapa pembatasan konten yang tidak boleh mengandung unsur kekerasan atau pornografi hingga tidak melanggar undang-undang hak cipta.
  • Saya tinggal di negara atau wilayah yang merupakan bagian dari Program Mitra YouTube.
  • Dia memenangkan total 4.000 jam siaran dalam 12 bulan. Artinya, jumlah total video Smart Buddy seharusnya mencapai 4000 jam.
  • Saat ini Anda memiliki 1000 pengikut atau pelanggan.
  • Akun saluran YouTube Anda sudah ditautkan ke Google Adsense.

Namun, hanya karena saluran YouTube Sobat Pintar memenuhi persyaratan di atas tidak berarti Anda dapat menghasilkan uang dari YouTube.

Permintaan monetisasi dari YouTube sering ditolak, sebagian karena saluran tidak mematuhi kebijakan dan persyaratan atau tidak mengaktifkan Google AdSense. Jika permintaan Anda ditolak, Anda dapat mengirimkannya kembali 30 hari setelah penolakan.

Supaya proses pengajuan berjalan dengan lancar, kali ini Kredit Pintar akan menjabarkan cara cara mengaktifkan Google AdSense, berikut adalah tahapannya.

  • Klik logo YouTube yang terletak di pojok kanan atas.
  • Lalu, pilih “Creator Studio.”
  • Pada bagian kiri menu, pilih “Channel.”
  • Kemudian, pilih “Status and Features.”
    Lalu, enable pilihan yang bertuliskan “Monetization.”
  • Setelah itu, ikuti perintah yang tercantum dalam halaman tersebut.

Strategi Monetisasi YouTube

Apabila channel YouTube Sobat Pintar sudah memenuhi persyaratan diatas dan pendaftaran monetisasi YouTube sudah diterima, hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membuat strategi monetisasi.

Seperti halnya menjual produk yang membutuhkan strategi pemasaran, konten video kamu juga butuh publikasi supaya mendapatkan penonton dan subscriber banyak. Namun, menarik pengunjung untuk menonton video tidaklah mudah. Setidaknya, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:

  1. Jadwalkan pesan video secara terus menerus.
  2. Pertahankan kualitas konten video.
  3. Pahami apa yang diinginkan atau dicari audiens target Anda.
  4. Diversifikasi Saluran: Evolve Platform
  5. Lainnya, seperti blogging dan media sosial lainnya.
  6. Buat kampanye atau hadiah.
  7. Gunakan pengoptimalan mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan profil saluran      YouTube Anda.

5 Cara Monetisasi Akun YouTube

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang di video YouTube, sama seperti Anda dapat menghasilkan uang di situs web Anda.

Salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang dengan video adalah “beriklan”. Periklanan bukan satu-satunya cara untuk memonetisasi konten Anda, tetapi ada banyak cara lain yang dapat Anda coba.

1. Ad Revenue

Ini adalah hal pertama atau paling umum yang dipikirkan semua orang ketika mereka mendaftar untuk program afiliasi YouTube. Setelah YPP disetujui, Smart Buddy dapat mengaktifkan iklan untuk video apa pun yang mematuhi persyaratan dan kebijakan pengiklan YouTube.

Dengan cara ini, Smart Friends bisa lebih baik menerima iklan yang muncul di video. YouTube biasanya mendapat diskon 45% untuk setiap iklan yang Anda lihat di video Anda, dengan 55% sisanya dimiliki oleh Anda. Pendapatan ini dibayarkan oleh YouTube melalui Google AdSense, yang dapat melacak semua data analytics saluran Buddy Pintar. Untuk mengaktifkan iklan:

  • Buka “YouTube Studio.”
  • Buka “Content” di sisi kiri.
  • Kemudian pilih video atau beberapa video yang kamu miliki.
  • Klik “Monetisasi” yang terletak di sisi kiri.
  • Pilih jenis iklan yang ingin Sobat Pintar jalankan.
  • Simpan.

2. YouTube Premium

Cara lain untuk memonetisasi konten video Anda adalah melalui YouTube Premium.

YouTube Premium tersedia untuk semua pemegang akun YouTube. Fitur ini menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik dibandingkan dengan akun dasar. Nilai utama YouTube Premium adalah menghapus semua iklan yang ada di video. Ini berarti pengguna dapat menikmati video vlogger favorit mereka tanpa gangguan. Menariknya, Smart Buddy memberikan pendapatan di YouTube kepada semua pelanggan premium yang mengunjungi dan menonton video Anda.

3. Channel Membership

Berlangganan saluran sama seperti berlangganan majalah atau buletin. Pengguna YouTube biasanya menggunakan fitur ini untuk memberikan akses video eksklusif kepada pelanggan yang membayar langganan.

Namun, untuk memenuhi syarat berlangganan ini, Sahabat Cerdas harus dapat menyediakan konten berkualitas agar lebih banyak orang yang ingin berlangganan saluran Anda.

Untuk mengaktifkan langganan saluran Anda:

  • Masuk ke “YouTube Studio.”
  • Klik “Monetisasi” di sisi kiri.
  • Submit your perks.
  • Buat video intro.
  • Buat daftar harga membership berdasarkan tingkatan.
  • Post tombol “Join” di halaman channel Sobat Pintar.

4. Super Chat dan Super Sticker

Jika Anda pernah menonton streaming langsung di YouTube, Anda mungkin memperhatikan bahwa pemirsa tertentu dapat menyampaikan pesan mereka melalui streaming langsung. Mereka yang dibeli secara terbuka membeli obrolan super atau stiker bagus untuk menyoroti pesan mereka.

Pengguna sering menghabiskan hingga $500 untuk SuperChat. Dari jumlah ini, Smart Buddy menerima hingga 70% dari pendapatan dan YouTube 30% dari total pendapatan penjualan SuperChat.

Cara mengaktifkan Super Chat dan Super Stickers

  • Buka akun YouTube Studio.
  • Cari “Monetisasi” yang terletak di bagian sisi kiri.
  • Dari menu atas, pilih “Live Chat,” dan “Get Started.”
  • Ikuti petunjuk hingga Sobat Pintar melihat pesan “Super Chat Status is On.”

5. Menjadi Afiliasi

Cara terakhir untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah menjadi Afiliasi. Ini adalah tugas yang sangat mudah dan informatif. Body Pinter hanya membuat konten pendidikan tentang merek atau layanan digital Anda dan menyematkan tautan undangan di kolom deskripsi.

Smart Buddy menerima komisi dari merek yang mengklik tautan atau melakukan tindakan seperti mendaftar atau membeli produk.

Shopee merupakan salah satu perusahaan yang aktif menggarap program afiliasi. Mekanisme sistemnya juga sangat sederhana. SmartFriends hanya perlu mempromosikan produknya melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok dan YouTube.

Kemudian cukup tempatkan link pembelian di kolom deskripsi ke toko yang menjual barang tersebut. Semua pemirsa yang mengeklik untuk membeli produk yang Anda promosikan akan menerima komisi di SmartBuddy. Komisi ini akan dikreditkan langsung ke akun Shopee Anda.

Nikmati Keuntungan Dari Monetisasi YouTube

Menghasilkan uang dengan YouTube mungkin tampak mudah, tetapi Anda harus tahu bahwa persaingan untuk pembuat konten digital sangat ketat. Oleh karena itu, cobalah untuk menemukan keunikan atau nilai Anda sendiri yang membedakan konten Anda dari yang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.