Inilah Cara Memilih Broker Saham yang Pas

Inilah Cara Memilih Broker Saham yang Pasmudation.com – Cara Memilih Broker Saham yang Pas. Ingin terjun ke investasi saham? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan investasi dapat memberikan hasil yang maksimal.

Salah satunya adalah berhati-hati dalam memilih pialang saham. Pialang adalah perantara yang menghubungkan Anda dengan sistem perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Biasanya ada komisi broker yang harus dibayar investor setiap kali transaksi berhasil. Agar uang yang dikeluarkan untuk membayar jasa broker tidak sia-sia, pilihlah broker yang pas. Berikut beberapa cara memilih broker yang dapat diterapkan.

1. Pastikan Broker Memiliki Izin

Cara pertama adalah memastikan bahwa broker yang dipilih memiliki lisensi. Di Indonesia, pialang berlisensi biasanya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah memiliki kartu anggota BEI. Untuk memastikan kredibilitas broker, Anda bisa mengeceknya sendiri di website OJK dan BEI. Ada dua jenis broker yang dibentuk oleh OJK, antara lain:
  • PPE (Perantara Efek), yaitu pialang yang melakukan kegiatan usaha untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain (investor). OOP memiliki batasan yang tidak dapat menjamin penerbitan saham.
  • PEEs (Penjamin Emisi Efek), yaitu pialang yang membeli kontrak dengan emiten (perusahaan) agar nama emiten tersebut berhasil tercatat di bursa sehingga investor dapat membeli saham emiten yang bersangkutan.

2. Broker dengan Layanan Lengkap

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelayanan yang baik dapat memperlancar aktivitas jual beli efek di pasar modal.
Kemudahan ini didapat langsung dari broker dengan memberikan layanan lengkap seperti pembukaan rekening online, customer service, Q&A, live chat, dll.
Selain memiliki website resmi sendiri, pilihlah broker yang sudah menyediakan layanan trading melalui aplikasi. Oleh karena itu, aktivitas trading dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama jam trading.

3. Memiliki Riwayat Kerja yang Baik

Broker di Indonesia tidak hanya satu atau dua saja, tapi banyak. Dari sekian banyak nama, pilihlah satu yang memiliki kinerja terbaik.
Kamu bisa mengetahui catatan kinerja seorang broker melalui testimoni atau review emiten yang pernah melakukan kerja sama dengan broker yang bersangkutan.
Semakin tinggi rating atau bintang yang broker dapatkan, maka semakin baik kinerjanya. Informasi mengenai penilaian broker dapat diakses langsung melalui media sosial, aplikasi trading yang broker miliki. Dari sana Anda dapat memutuskan apakah broker tersebut memenuhi syarat atau tidak.

4. Bandingkan Broker

Mengingat broker yang ada di Indonesia ada banyak, akan lebih baik kalau membandingkan antara satu dan lainnya. Tujuannya untuk mendapatkan salah satu broker yang paling pas, baik dari segi pelayanan, kinerja, dan lain sebagainya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.