Tips & Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet

Tips & Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet mudation.com – Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet – Kinerja laptop yang lambat dan mulai lemot, apalagi jika digunakan untuk keperluan yang penting dan mendesak tentu sangat mengganggu.
Apalagi di saat seperti sekarang ini. Hampir seluruh kegiatan belajar hingga pekerjaan sangat membutuhkan penggunaan laptop untuk menyelesaikannya.
Saat laptop kalian mulai lemot, jangan dulu terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru. Karena disini ada beberapa cara untuk mengatasi laptop lemot yang mungkin saja akan membantu kalian yang sedang mengalaminya.
Namun banyak sekali penyebab laptop bisa lemot, salah satunya karena kinerja laptop yang terlalu berat dan banyak aplikasi yang sedang berjalan dan akan aktif saat laptop dalam keadaan hidup.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Perhatikan beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini untuk mengembalikan kinerja laptop Anda yang sudah lemot, yaitu sebagai berikut.

1. Gunakan Antivirus

Alasan pertama yang sering kita temui adalah serangan virus atau malware. Untuk menghindari penurunan kinerja laptop Anda, cobalah untuk menginstal antivirus terbaik untuk menghindari serangan segala macam virus.
Pastikan Anda memeriksanya secara teratur untuk memperbarui antivirus Anda. Hal ini dilakukan agar antivirus dapat membaca berbagai jenis virus yang ingin menyerang laptop.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Digunakan

Menginstal terlalu banyak aplikasi dapat memperlambat laptop dan memperlambatnya. Hapus aplikasi yang tidak perlu untuk mencegah laptop Anda melambat.
Kapasitas penuh drive C akan menyebabkan hard drive sistem notebook membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat. Anda bisa mencoba cara ini agar laptop Anda tidak lemot.

3. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Membiarkan terlalu banyak aplikasi di desktop dapat memperlambat laptop. Namun, jika spesifikasi laptop mendukungnya, itu bukan masalah besar.
Namun, menyimpan terlalu banyak aplikasi di desktop menyebabkan laptop membutuhkan waktu lama untuk merespons perintah pengguna. Dengan cara ini Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan.

4. Tambah RAM

​​​​​​Jika Anda membeli laptop dengan kapasitas RAM kecil, misalnya 4 GB, Anda dapat menambahkannya ke RAM 8 GB atau RAM 16 GB.
Hal ini akan membantu mempercepat kinerja laptop agar tidak mudah lemot. Saat menambahkan RAM, perhatikan juga spesifikasi RAM (RAM DDR3L, RAM DDR3, atau RAM DDR4).

5. Ganti Memori HDD ke SSD

Laptop yang lambat dapat menyebabkan penggunaan HDD, yang memiliki kecepatan data lebih lambat dibandingkan dengan penyimpanan SSD.
Oleh karena itu, memindahkan penyimpanan HDD ke SSD akan membantu mempercepat proses booting. Meski harga drive SSD lebih mahal, cara ini dijamin ampuh membuat laptop tidak lemot dan lebih responsif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.